15 November 2019

Smartphone Layar Lipat Motorola Razr Resmi Dirilis


Motorola Razr 2019

Setelah sekian lama menjadi rumor dan bocorannya bertebaran di dunia maya, kini akhirnya Motorola resmi meluncurkan Motorola Razr dalam sebuah acara yang berlangsung di Los Angeles, AS.

Sebagai informasi, Motorola Razr merupakan ponsel legendaris yang pertama kali dirilis pada tahun 2004 silam. Dan kini, Motorola menghadirkannya kembali dengan membawa desain layar lipat berbasis Android, sama seperti konsep Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X.

Namun berbeda dengan Galaxy Fold dan Mate X dimana layarnya dapat dilipat ke samping, pada Motorola Razr justru mengusung desain clamshell atau layarnya dilipat di tengah layar ke arah bawah.

Desain ini sama seperti desain ponsel Motorola Razr 15 tahun lalu dan membuat smartphone ini tetap nyaman digenggam dan ringkas dikantongi.

Adapun layar pada Motorola Razr menggunakan panel OLED berukuran 6,2 inchi dengan aspek rasio 21:9 beresolusi 2142 x 876 pixel (saat layarnya dibentangkan) yang oleh Motorola disebut dengan CinemaVision.

Saat layarnya dilipat, Motorola Razr memiliki dimensi 72 x 94 x 14 mm, namun saat dibuka, dimensi ukurannya menjadi 72 x 172 x 6,9 mm. Untuk engselnya, Motorola mengadopsi teknologi engsel dari perangkat laptop Lenovo Yoga.

Motorola Razr 2019

Saat layar utamanya tertutup, terdapat layar kecil di bagian punggung sebesar 2,7 inchi beresolusi 600 x 800 pixel. Layar ini berfungsi untuk melihat berbagai informasi dan notifikasi yang muncul.

Motorola Razr dibekali dengan kamera utama di bagian punggung yang beresolusi 16 MP (f/1.7). Pengguna juga bisa menggunakan kamera utama sebagai kamera selfie. Meskipun demikian, masih ada kamera depan beresolusi 5 MP (f/2.0) yang berada di atas layar utama (saat layarnya dibuka).

Untuk menunjang kinerjanya, Motorola Razr ditenagai oleh prosesor Snapdragon 710, RAM 6GB, memori internal 128GB, OS Android 9 Pie, dan baterai berkapasitas 2510 mAh serta dukungan fast charging 15W melalui port USB Type-C.

Motorola Razr 2019

Motorola Razr juga dilengkapi dengan sensor fingerprint yang berada di bagian dagu perangkat yang ukurannya cukup besar. Namun sayangnya smartphone ini tidak dilengkapi dengan port jack audio 3.5mm.

Bagaimana dengan harganya? Motorola bakal membanderol Motorola Razr ini dengan harga yang sangat tinggi, yakni seharga USD 1500 atau sekitar Rp 21 jutaan dan akan dijual di pasar AS mulai Januari 2020 mendatang.