15 July 2019

Nintendo Switch Lite Resmi Dirilis dengan Harga Lebih Murah


Nintendo Switch Lite

Nintendo beberapa waktu lalu resmi meluncurkan varian terbaru dari Nintendo Switch yang diberi nama Nintendo Switch Lite. Konsol game terbaru ini bakal dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan varian standarnya.

Selain harganya yang lebih terjangkau, tentu saja spesifikasi yang diusung oleh Nintendo Switch Lite juga mengalami banyak perbedaan yang cukup mencolok.

Diantaranya adalah Nintendo Switch Lite lebih dikhususkan untuk digunakan handheld, yang artinya, konsol game ini hanya akan dapat dimainkan dalam genggaman, tanpa bisa dikoneksikan ke televisi seperti halnya Nintendo Switch versi standarnya.

Baca juga: Inilah 10 Gadget Terbaik Sepanjang Tahun 2017

Selain itu, joystick pada Nintendo Switch Lite tidak dapat dilepas-pasang seperti Switch versi standarnya. Namun demikian, build quality Nintendo Switch Lite menjadi lebih kokoh karena tidak ada joystick yang bisa dilepas.

Kekurangan lainnya, Switch Lite tidak menyertakan motion sensor dan kamera deteksi gerak yang ada pada joystick, sehingga pengalaman bermain game menjadi sedikit berkurang.

Meskipun banyak kekurangannya, bukan berarti Nintendo Switch Lite tidak memiliki kelebihan. Ya, dibandingkan dengan versi standarnya, Switch Lite memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Selain itu, Switch Lite juga dilengkapi dengan tombol D-pad (arah kanan kiri bawah atas) yang tidak ada pada Switch versi standarnya. Bobotnya pun juga lebih ringan, sehingga sangat nyaman dimainkan dalam genggaman.

Nintendo Switch Lite

Nintendo Switch Lite mengusung layar touchscreen seluas 5,5 inchi, lebih kecil dari Switch versi standar yang memiliki layar seluas 6,2 inchi. Sedangkan untuk fitur konektivitasnya semuanya masih ada di Switch Lite, diantaranya Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC.

Nintendo Switch Lite bakal segera dipasarkan mulai 20 September 2019 mendatang dan tersedia dalam pilihan warna yang ceria, yakni kuning, abu-abu, dan turquoise (biru).

Harganya? Switch Lite bakal dibanderol seharga USD 199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan, lebih murah dibandingkan dengan Switch standar yang dibanderol dengan harga USD 300 atau sekitar Rp 4 jutaan.