11 May 2019

Inilah Berbagai Fitur Terbaru di Android Q


Android Q

Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I/O 2019 yang digelar di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat, Selasa (7/5/2019).

Namun perlu diketahui, untuk saat ini Android Q masih pada tahap Beta 3 dan Google pun juga telah mengumumkan ada 21 perangkat dari 13 vendor yang pertama dapat mencoba versi Beta dari Android Q ini sebelum akhirnya versi final dirilis untuk publik.

Baca juga: Ini Daftar Smartphone Pertama yang Dapat Mencoba Android Q

Seperti biasanya, pada Android Q ini nantinya juga akan membawa berbagai fitur terbaru. Director of Product Management Android, Stephanie Cuthbertson, mengungkapkan jika Google mengusung tiga fokus utama di Android Q ini, yaitu innovation, security & privacy, serta Digital Wellbeing.

Dan berikut ini berbagai fitur terbaru yang hadir di Android Q:

#1. Dark Theme

Dark Theme Android Q

Dark Theme atau tema gelap memang salah satu fitur yang paling dinantikan oleh pengguna Android. Dan kini akhirnya fitur tema gelap akan menjadi fitur bawaan di Android melalui Android Q.

Fitur Dark Theme akan membantu mata pengguna agar lebih nyaman saat menatap layar di kondisi gelap dan juga dapat menghemat daya baterai, terutama pada smartphone yang menggunakan panel layar AMOLED.

Google juga mengatakan bahwa pengguna dapat mengatur Dark Theme di Android Q untuk otomatis menyala saat senja dan juga hidup ketika mode hemat baterai diaktifkan.

#2. Focus Mode

Focus Mode Android Q

Focus Mode akan memungkinkan pengguna untuk memilih aplikasi mana yang harus aktif, sementara aplikasi lainnya akan dinonaktifkan, begitupun juga berbagai notifikasi yang mengganggu akan diblokir hingga pengguna mengaktifkannya kembali.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih fokus dengan hal yang saat itu dilakukan.

Nantinya, fitur Focus Mode akan diintegrasikan pada layanan Digital Wellbeing pada Android Q.

#3. Live Caption

Android Q nantinya juga akan dilengkapi dengan kemampuan machine learning yang lebih baik. Ini dapat dilihat melalui integrasi pada fitur baru bernama Live Caption.

Fitur Live Caption ini memungkinkan audio yang berasal dari video dapat langsung diterjemahkan ke bentuk teks dan akan ditampilkan menjadi subtitle video.

Menariknya, fitur Live Caption ini bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan internet. Fitur Live Caption juga ditujukan kepada para tunarungu agar dapat memahami pesan yang disampaikan dalam video yang mereka tonton.


#4. Smart Reply

Smart Reply Android Q

Android Q juga akan dilengkapi dengan fitur Smart Reply. Fitur ini akan memberikan saran kata apa yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membalas pesan berdasarkan konteks pesan yang diterima.

Selain itu, Smart Reply juga dapat memberikan saran untuk membuka aplikasi tertentu. Misalnya, pengguna dapat langsung membuka Google Maps jika menerima pesan yang berisikan alamat suatu tempat.

#5. Family Link

Android Q juga akan dilengkapi dengan fitur Family Link (Parental Control) yang akan membuat para orang tua memiliki kontrol lebih besar terhadap smartphone anak-anak mereka.

Fitur Family Link memungkinkan para orang tua nantinya dapat meninjau aplikasi, memantau penggunaan aplikasi dan menetapkan batas waktu penggunaan untuk aplikasi tertentu.

#6. Dukungan untuk Perangkat Layar Lipat

Android Q telah dirancang agar mendukung perangkat dengan layar lipat dan sekaligus menjadi sistem operasi pertama yang mendukung inovasi perangkat seluler tersebut.


#7. Dukungan Konektivitas 5G

Android Q akan mendukung konektivitas 5G yang merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet tinggi dengan rendahnya latensi.

Konektivitas 5G dipastikan akan terus berkembang dan kedepannya semua perangkat Android akan mendukung penuh jaringan 5G.

#8. Keamanan

Sektor keamanan juga lebih ditingkatkan oleh Google di Android Q. Google menjanjikan pembaruan keamanan Android Q akan digulirkan lebih cepat.

Disebut dengan Project Mainline, Nantinya pengguna dapat memperbarui beberapa bagian penting dari sistem operasi di latar belakang dengan cara yang mirip seperti mereka memperbarui aplikasi dan tanpa harus merestart perangkat setelah melakukan pembaruan.

Pengguna pun bisa mengupdate beberapa bagian terpenting dari sistem operasi Android Q di Google Play Store.

Nah, itulah berbagai fitur terbaru yang hadir di Android Q. Jadi, fitur apa yang sangat menarik menurutmu?

Sumber: Google