08 December 2018

Google Allo Akan Segera Ditutup pada Maret 2019 Mendatang


Google Allo

Google mengumumkan akan segera menutup layanan pesan singkat Google Allo pada Maret 2019 mendatang, setelah beroperasi sejak tahun 2016 silam.

Baca juga: Google Allo Resmi Dirilis, Aplikasi Messaging dengan Asisten yang Cerdas

Kabar mengenai rencana penutupan ini diumumkan langsung oleh Google melalui blog resminya. Meskipun demikian, pengguna masih bisa menggunakan Google Allo hingga Maret 2019.

Namun dalam sisa kurun waktu tersebut, Google menganjurkan agar pengguna segera membackup percakapan pentingnya dengan mengikuti tutorialnya di laman Google berikut ini.

Penutupan layanan Google Allo ini dikarenakan kurangnya peminat serta Google akan lebih berfokus untuk mengembangkan layanan pesan singkat lainnya yaitu Messenge.

Messages merupakan aplikasi satu untuk semua dalam hal komunikasi, atau bisa juga diistilahkan dengan “Rich Communication Services”. Fitur-fiturnya pun juga lengkap, mulai dari percakapan teks, grup, GIF, stiker, video, dan audio. Selain itu, nantinya beberapa fitur andalan di Google Allo juga akan dihadirkan di Message.

Seperti berbanding terbalik, aplikasi video call Google Duo yang saat itu perilisannya bersamaan dengan Google Allo, justru peminatnya semakin bertambah.

Selain Google Allo dan Duo, masa depan layanan Google Hangouts juga dijelaskan di blog resmi Google.

Ya, beberapa waktu lalu Google Hangouts juga sempat dikabarkan akan ditutup pada 2020 mendatang. Namun, kabar tersebut disanggah oleh Google.

Menurut Google, nantinya Hangouts akan lebih difokuskan untuk target pasar enterprise melalui “Hangouts Chat” dan “Hangouts Meet”.

Sumber: Blog Google