08 December 2018

Snapdragon 8cx Resmi Diperkenalkan untuk Perangkat Laptop


Qualcomm Snapdragon 8cx

Selain meluncurkan Snapdragon 855 yang dikhususkan untuk perangkat mobile, Qualcomm juga memperkenalkan prosesor yang dikhususkan untuk PC atau laptop, yakni Snapdragon 8cx, dalam ajang Snapdragon Summit 2018, yang digelar di Maui, Hawaii.

Baca juga: Inilah Berbagai Keunggulan Dari Snapdragon 855

Penggunaan kata "cx" pada Snapdragon 8cx memiliki arti "computer" dan "extreme" dimana nantinya Snapdragon 8cx menjanjikan performa PC yang lebih bertenaga karena didukung dengan hardware yang mumpuni.

Snapdragon 8cx menjadi chipset untuk perangkat PC pertama di dunia yang dibangun dengan teknologi fabrikasi 7nm. Di dalam Snapdragon 8cx telah tertanam 8 core CPU Kryo 495, GPU Adreno 680, serta Digital Signal Processor Hexagon 690. Chipset ini nantinya juga dapat menangani RAM hingga 16GB dan memiliki dukungan penyimpanan NVMe dan UFS 3.0.

Qualcomm Snapdragon 8cx

Selain itu, Snapdragon 855 memungkinkan daya tahan baterai yang lebih lama serta dukungan Qualcomm Quick Charge 4+ untuk mempercepat proses isi ulang daya baterai.

Kemampuan lain dari Snapdragon 8cx yaitu mampu membagi tampilan visual dari dua monitor yang beresolusi 4K HDR.

Snapdragon 8cx dilengkapi dengan modem Snapdragon X24 LTE, sehingga PC dapat terhubung ke Internet dengan kecepatan transfer hingga 2 Gbps. Hal tersebut karena memang Snapdragon 8cx dirancang untuk perangkat "Always Connected PC" berbasis Windows 10 serta dukungan slot kartu SIM.

Qualcomm menjanjikan bahwa akan ada perangkat PC atau laptop yang sudah ditenagai oleh Snapdragon 8cx ini pada pertengahan tahun 2019 mendatang. So, kita nantikan saja kedatangannya. ;)