Google Merilis Duo, Aplikasi Video Call Baru untuk Android dan iOS


Bagi pengguna smartphone modern pastinya kamu pernah melakukan panggilan video call dengan kerabat ataupun temanmu. Seperti yang telah kita ketahui, saat ini banyak aplikasi chatting yang sudah lama mengadopsi fitur video call ini, diantaranya, WhatsApp, Skype, Facebook dan masih banyak lagi. Seakan tidak mau ketinggalan, belum lama ini tepat pada hari Selasa kemarin, (16/8), Google secara resmi merilis aplikasi video calling terbarunya bernama Google Duo untuk pengguna Android dan iOS.

Duo dapat bekerja di lintas platform. Itu artinya, pengguna bisa menelepon dari smartphone Android ke iPhone, ataupun sebaliknya. Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan teknologi web real-time communication (WebRTC) yang bekerja menggunakan jaringan mobile. Teknologi ini diciptakan untuk menyederhanakan panggilan telepon video. Duo masih dapat berjalan meskipun dalam koneksi yang lambat serta dapat melakukan pergantian koneksi antara jaringan seluler dengan koneksi WiFi dengan sangat cepat dan mudah tanpa memutus panggilan. Jadi misalkan, saat pengguna memulai telepon dari dalam rumah dengan koneksi Wi-Fi, maka pengguna tetap bisa berbicara tanpa putus ketika melangkah keluar rumah dan beralih ke jaringan seluler.

Google Duo

Salah satu fitur yang paling menarik dari Duo ini jika dibandingkan dengan aplikasi video call lain adalah fitur bernama Knock Knock. Melalui fitur ini, maka pengguna dapat melihat video dari si penelepon sebelum memutuskan akan menerima panggilannya atau tidak. Jadi cara kerja fitur ini mirip seperti saat kamu mengintip dari lubang pintu dahulu ketika ada seorang tamu yang mengetuk pintu rumahmu. Fitur Knock Knock ini hanya akan muncul jika nama si penelepon ada di dalam daftar kontak. Pada smartphone Android, fitur Knock Knock bekerja di layar Lock Screen, sedangkan di iOS, fitur ini muncul di window aplikasi.


Keunggulan lainnya dari aplikasi Duo ini adalah semua percakapan pengguna telah dilindungi dengan teknologi enkripsi End to End sehingga bisa digunakan dengan sangat aman. Teknologi enkripsi ini sebelumnya juga dipakai pada aplikasi WhatsApp. Untuk cara login di aplikasi Duo ini juga sangat simpel dan mudah, yaitu pengguna cukup login menggunakan nomer telepon saja. Hampir mirip juga seperti di WhatsApp dan Telegram.

Sebenarnya, jauh sebelum Duo diperkenalkan, Google juga pernah membuat aplikasi video call yang bernama Google Hangout. Tapi karena Hangout sepi peminat, makanya Google membuat aplikasi Duo yang memiliki banyak fitur canggih didalamnya. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi video call keren ini, silahkan download di Google Play Store dan App Store melalui tautan dibawah ini:

Google Duo untuk Android

Google Duo untuk iOS

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »