27 November 2018

Calon Pengganti Android, Fuchsia OS Mulai Diuji Coba di Honor Play


Fuchsia OS

Apakah kamu masih ingat dengan Fuchsia OS? Itu lho,, sistem operasi open source terbaru buatan Google yang digadang-gadang akan menggantikan Android di masa depan.

Sebagai informasi, Fuchsia OS sudah dikembangkan sejak tahun 2016. Berbeda dengan Android dan Chrome OS yang menggunakan kernel Linux, Fuchsia OS menggunakan microkernel baru bernama Magenta yang dikembangkan oleh Google.

Fuchsia OS membawa berbagai fitur menarik, salah satunya yaitu dapat memprioritaskan aplikasi tertentu diatas aplikasi lainnya, dan mendukung mode split-screen yang tampilannya dapat diatur agar sesuai dengan layar.

Nah setelah bocoran tampilan antarmukanya sempat muncul pertengahan tahun 2017 lalu, kini ada kabar terbaru dari Fuchsia OS ini. Ya, Huawei dikabarkan tengah menguji coba Fuchsia OS pada Honor Play, smartphone yang ditenagai oleh prosesor Kirin 970.

Baca juga: Inilah Tampilan Fuchsia OS, Sistem Operasi Baru Buatan Google

Hal tersebut terungkap melalui entri baru yang terdapat di dalam Fuchsia Gerrit, situs source code management untuk sistem operasi menyatakan bahwa patch baru telah menambahkan dukungan Fuchsia OS untuk prosesor Kirin 970.
Honor Play
Honor Play
Dan seperti yang kita tahu, prosesor Kirin 970 juga digunakan pada smartphone Huawei lainnya, yakni Huawei Mate 20 dan Huawei P20. Jadi tidak menutup kemungkinan jika nantinya Fuchsia OS juga bisa dicoba di smartphone lainnya yang juga menggunakan prosesor Kirin 970.

Diuji coba di smartphone Honor Play, menandakan jika pengembangan Fuchsia OS sudah semakin matang. Hal ini tentunya juga mengisyaratkan jika versi final Fuchsia OS kemungkinan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Jadi, kita nantikan saja kabar selanjutnya dari sistem operasi terbaru buatan Google ini. :)

Sumber: PhoneArena | Google Source