27 November 2018

Oppo Umumkan ColorOS 6.0 dengan Dukungan Machine Learning dan Font Baru


ColorOS 6.0

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ColorOS merupakan launcher bawaan untuk perangkat smartphone buatan Oppo. Dan untuk menyambut ulang tahun ColorOS yang ke-5, Oppo mengumumkan tengah menggarap versi terbaru dari ColorOS, yakni ColorOS 6.0.

Oppo menjelaskan bahwa nantinya ColorOS 6.0 akan dibangun dengan membawa berbagai fitur terbaru dan skema warna yang lebih terang. Skema warna ini nantinya berdasarkan kombinasi warna latar belakang putih dan gradasi warna yang lebih terang. Pemilihan warna putih dipilih untuk menciptakan suasana yang lebih lapang.

ColorOS 6.0 akan lebih dioptimalkan untuk perangkat yang memiliki layar dengan bingkai tipis atau bezel-less, namun tidak menutup kemungkinan layar smartphone Oppo yang lama juga mendukung antarmuka terbaru ini.

ColorOS 6.0 juga akan dilengkapi dengan teknologi machine learning berbasiskan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang akan dengan cerdas membatasi aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Teknologi AI juga akan mempelajari aplikasi yang sering dibuka oleh pengguna.

Dan yang paling menarik, nantinya ColorOS 6.0 akan memiliki gaya font baru bernama Oppo Sans. Oppo bekerja sama dengan perusahaan pengembang huruf terkenal di China, Hanyi, untuk mengembangkan font barunya ini.

Kabarnya ColorOS 6.0 dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang. Dalam kesempatan yang sama, Oppo juga mengklaim jika sampai saat ini ColorOS sudah digunakan di lebih dari 250 juta perangkat yang tersebar di lebih dari 140 negara.

Sayangnya meski sudah diumumkan, namun Oppo masih belum mengungkapkan daftar smartphone Oppo mana saja yang akan pertama menggunakan antarmuka terbaru ini.