Skip to main content

Xiaomi Mi MIX 3 Resmi Dirilis dengan Desain Kamera Depan Tersembunyi dan RAM 10GB


Xiaomi Mi MIX 3

Setelah cukup lama muncul berbagai bocorannya, akhirnya Xiaomi Mi MIX 3 resmi diperkenalkan. Sama seperti bocorannya, smartphone flagship terbaru ini hadir dengan desain yang benar-benar berbeda dengan seri pendahulunya, Mi MIX 2.

Mi MIX 3 kini hadir dengan desain mekanisme slider (geser) yang berfungsi untuk menyembunyikan dual-camera di depan. Berbeda dengan desain slider pada Vivo NEX maupun Oppo Find X, mekanisme slider pada Mi MIX 3 tidak bertumpu pada motor penggerak, melainkan menggunakan desain magnetic slider.

Xiaomi Mi MIX 3

Layar Mi MIX 3 mengusung desain bezel-less dengan panel Super AMOLED seluas 6,4 inchi beresolusi Full HD+ dan memiliki screen-to-body ratio mencapai 93,4%.

Untuk sektor fotografi, Mi MIX 3 dibekali dengan dual-camera belakang beresolusi (12 MP, sensor Sony IMX363, f/1.8) + (12 MP) dan didukung oleh teknologi AI, dual-pixel PDAF, OIS, dan LED Flash. Sedangkan untuk selfie, juga terdapat dual-camera depan yang memiliki konfigurasi 24 MP + 2 MP depth sensor serta didukung dengan Fitur Selfie Light dan teknologi AI.

Selain itu, kamera Mi MIX 3 juga dilengkapi dengan fitur AI scene recognition dan kemampuan merekam video slow-motion hingga 960 fps.

Beralih ke bagian dapur pacu, Mi MIX 3 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 845, GPU Adreno 630, sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10, dan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan fast charging serta wireless charging 10W.

Xiaomi Mi MIX 3

Mi MIX 3 hadir dalam tiga varian, yakni varian RAM 6GB dan 8GB dengan memori internal 128GB, serta varian RAM 10GB dengan memori internal 512GB. Sayangnya Mi MIX 3 tidak dilengkapi dengan dukungan slot microSD dan port jack audio 3.5 mm.

Selain itu, tidak seperti yang dirumorkan sebelumnya, untuk saat ini Mi MIX 3 belum mendukung jaringan 5G, namun Lei Jun menjanjikan akan segera menghadirkan Mi MIX 3 yang support 5G pada kuartal pertama tahun depan.

Nah, bicara soal harga, Mi MIX 3 varian RAM 6GB / internal 128GB dibanderol seharga CNY 3299 (sekitar Rp 7,2 jutaan), varian RAM 8GB / internal 128GB seharga CNY 3599 (sekitar Rp 7,8 jutaan), sedangkan varian RAM 10GB / internal 512GB dibanderol seharga CNY 3999 (sekitar Rp 8,7 jutaan).

Ketiga varian tersebut sudah tersedia di pasar China dan memiliki tiga pilihan warna, yaitu Onix Black, Sapphire Blue, dan Jade Green.

Xiaomi Mi MIX 3 Forbidden City

Ada pula Mi MIX 3 edisi "Forbidden City" yang memiliki RAM 10GB, memori internal 512GB, dan bodi berwarna biru dengan logo singa berwarna emas. Untuk edisi spesial ini akan dibanderol seharga CNY 4999 atau sekitar Rp 11 jutaan.
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.