10 October 2018

Google Pixel Slate Resmi Dirilis, Tablet 2-in-1 Berbasis Chrome OS


Google Pixel Slate

Bersamaan dengan duo flagship Pixel 3 dan Pixel 3 XL, Google juga resmi meluncurkan perangkat tablet terbaru mereka yang bernama Google Pixel Slate pada acara yang digelar di New York, Amerika Serikat, Selasa kemarin.

Pixel Slate merupakan perangkat tablet berbasis Chrome OS yang mengusung desain hybrid 2-in-1, sehingga memungkinkan tablet ini bisa dijadikan sebuah laptop dengan menghubungkannya ke aksesoris cover papan ketik yang bernama Pixel Slate Keyboard.

Pixel Slate hadir dengan layar bezel-less seluas 12,3 inchi beresolusi 3000 x 2000 pixel dan memiliki aspek rasio 3:2. Layar tablet ini memiliki tingkat kerapatan pixel hingga ~293 ppi yang diklaim tertinggi untuk sekelas tablet premium 12 inchi.

Beberapa fitur pendukung lainnya juga turut melengkapi Pixel Slate, seperti diantaranya kamera depan dan belakang yang sama-sama beresolusi 8 MP, speaker stereo, sebuah port USB Type-C, sensor fingerprint yang tersemat di bagian tombol power, dukungan Stylus PixelBook Pen, dan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam dalam pemakaian normal.

Google Pixel Slate

Sama seperti smartphone Pixel 3 Series, Pixel Slate juga dilengkapi dengan dukungan Google Assistant dan fitur keamanan baru bernama “Titan M” yang akan memberikan perlindungan untuk kerahasiaan data login, enkripsi seluruh partisi, hingga keamanan data aplikasi.

Pixel Slate hadir dalam 4 varian. Masing-masing varian memiliki konfigurasi prosesor, RAM, dan kapasitas penyimpanan yang berbeda. Berikut ini daftarnya:
  • Prosesor Intel Celeron, RAM 4GB, storage SSD 32GB dibanderol seharga USD 599 (sekitar Rp 9 jutaan).
  • Prosesor Intel Core M3, RAM 8GB, storage SSD 64GB dibanderol seharga USD 799 (sekitar Rp 12 jutaan).
  • Prosesor Intel Core i5 Gen-8, RAM 8GB, storage SSD 128GB dibanderol seharga USD 999 (sekitar Rp 15 jutaan).
  • Prosesor Intel Core i7 Gen-8, RAM 16GB, storage SSD 256GB dibanderol seharga USD 1599 (sekitar Rp 24 jutaan).
Sedangkan untuk aksesoris cover Pixel Slate Keyboard dan Stylus PixelBook Pen nantinya akan dijual terpisah. Google membanderol cover Pixel Slate Keyboard seharga USD 199 atau sekitar Rp 3 jutaan, dan Stylus PixelBook Pen dibanderol seharga USD 99 atau sekitar Rp 1,5 jutaan.