14 October 2018

50 Juta Akun Facebook Diretas, Begini Cara Cek Apakah Akun Milikmu Masih Aman atau Tidak


Facebook

Setelah dihebohkan dengan insiden pencurian data besar-besaran yang dilakukan oleh Cambridge Analytica, kali ini Facebook kembali diterpa masalah isu keamanan.Tak tanggung-tanggung, dalam insiden kali ini, sebanyak lebih dari 50 juta akun Facebook dikabarkan telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Begini Cara Cepat Mengecek Data Akun Facebook Dicuri Oleh Cambridge Analytica Atau Tidak

Insiden peretasan 50 juta akun tersebut pertama kali diketahui oleh Facebook pada akhir September 2018 lalu. Menurut Facebook, ada tiga celah keamanan yang dimanfaatkan oleh peretas, yaitu pada fitur "view as" yang memungkinkan pengguna dapat melihat halaman profilnya sendiri dari sudut pandang orang lain, fitur pengunggah video, dan token akses untuk mengunggah video.

Menanggapi insiden kali ini, Facebook menyatakan telah mengambil beberapa langkah pengamanan. Salah satunya adalah menyetel ulang token akses para pengguna Facebook yang akunnya terkena dampak peretasan ini. Selain itu, Facebook juga memberi informasi kepada para pengguna apakah akun milik mereka terindikasi diretas atau tidak.

Nah, untuk mengetahui apakah akun Facebook milikmu diretas atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui tutorial berikut ini.
  • Pertama, tentunya kamu harus log in terlebih dahulu ke akun Facebook milikmu.
  • Selanjutnya, silakan kunjungi halaman Security Notice yang dibuat oleh Facebook melalui link berikut ini.
  • Setelah masuk ke halaman Security Notice, lalu scroll halaman ke bawah, disitu akan ada catatan apakah akun Facebook milikmu terkena dampak peretasan atau tidak. Jika akunmu aman, maka akan muncul kotak berwarna biru yang menginformasikan bahwa akun Facebook milikmu tidak diretas.
Facebok Security Notice

Namun sebaliknya, jika ternyata akun Facebook milikmu terindikasi tidak aman, maka kamu jangan khawatir dulu dan menurut Facebook, kamu tidak perlu repot untuk mengganti password. Sebab, Facebook sudah telah melakukan validasi ulang token akses pada akun pengguna yang terindikasi telah diretas.