15 April 2018

Begini Cara Cepat Mengecek Data Akun Facebook Dicuri Oleh Cambridge Analytica Atau Tidak


ilustrasi Facebook

Seperti yang telah kita ketahui, sejak pertengahan Maret 2018 lalu, Facebook sedang diterpa masalah isu kebocoran data pengguna yang dilakukan oleh Cambridge Analytica.

Cambridge Analytica sendiri merupakan perusahaan konsultan politik yang dipakai oleh Donald Trump dalam kampanye Pilpres Amerika Serikat pada tahun 2016 silam.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 87 juta data pengguna Facebook yang tersebar di beberapa negara telah "dicuri" oleh Cambridge Analytica. Meskipun mayoritas data pengguna Facebook yang "dicuri" oleh Cambridge Analytica berasal dari Amerika Serikat, tapi kabarnya, Indonesia pun juga terkena dampaknya.

Ya, sebanyak lebih dari 1 juta data pengguna Facebook dari Indonesia telah bocor di tangan Cambridge Analytica.

Lantas, bagaimana cara mengetahui data akun Facebook kita apakah ikut "dicuri" oleh Cambridge Analytica atau tidak?

Sebenarnya, Facebook mulai mengirimkan notifikasi kepada pengguna tentang "kebocoran data" ini sejak Senin kemarin (09/04/2018). Notifikasi ini akan ditampilkan di atas newsfeed akun Facebook pengguna yang terdeteksi datanya telah "dicuri" oleh Cambridge Analytica, lengkap dengan tombol untuk mengakses pengaturan privasi.

Notifikasi ini akan berbeda untuk tiap pengguna, seperti pada gambar di bawah ini.

Facebook Cambridge Analytica

Jika akun pengguna yang terdeteksi datanya dicuri, maka akan muncul tombol "See How You're Affected", yang jika tombol tersebut diklik, maka akan muncul informasi selanjutnya. Dan jika akun pengguna aman, maka akan muncul tombol "Go To Apps and Websites".

Namun jika akun Facebook milikmu hingga saat ini belum juga menerima notifikasi seperti gambar di atas, kamu masih bisa mengeceknya secara langsung di halaman yang telah disediakan oleh Facebook dengan login ke akun Facebook milikmu dan silakan kunjungi tautan ini.

Melalui halaman tersebut, kamu bisa segera mengetahui apakah data akun Facebook milikmu juga turut "dicuri" oleh Cambridge Analytica atau tidak. Jika akun Facebook milikmu masih aman, maka akan muncul informasi seperti gambar di bawah ini. (Silakan klik gambar untuk memperbesar tampilan)

Facebook Cambridge Analytica

Cara diatas adalah langkah alternatif yang paling cepat sembari menunggu notifikasi dari Facebook untuk status keamanan data akun Facebook kita.

Sumber: Kompas Tekno