19 September 2018

MIUI 10 Global Stable (Final) Resmi Dirilis — Dan Berikut Daftar Perangkat yang Pertama Kebagian


MIUI 10

Setelah cukup lama menunggu sejak versi Developernya diperkenalkan awal Juni 2018 lalu, akhirnya Xiaomi beberapa waktu lalu resmi merilis MIUI 10 Global Stable (final).

Untuk saat ini, ada beberapa perangkat yang sudah menerima update MIUI 10 versi Global Stable, diantaranya Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Mi 5, Mi 6, Mi MIX, Mi MIX 2, Mi Note 2, Mi 8, dan Mi MIX 2S. Kedepannya, Xiaomi akan menggulirkan MIUI 10 Global Stable untuk perangkat Xiaomi lainnya.

Meskipun demikian, tapi masih ada hal yang perlu diperhatikan. Karena untuk saat ini, update MIUI 10 versi Global Stable masih belum digulirkan secara OTA (Over-The-Air). Jadi jika kamu pengguna umum, aku sarankan sebaiknya kamu menunggu roll-out update OTA hingga sampai di perangkatmu.

Tapi jika kamu sudah tidak sabar ingin segera mencoba MIUI 10 versi Global Stable ini, kamu bisa langsung mendownload ROM MIUI 10 Global Stable dari server update Xiaomi dan kemudian silakan instal secara manual melalui Updater.

Berikut ini aku berikan link download MIUI 10 Global Stable (final) dari masing-masing perangkat yang sudah kebagian:
  • Download ROM MIUI 10 Global Stable untuk Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Mi 5, Mi 6, Mi MIX, Mi MIX 2, dan Mi Note 2 melalui link berikut ini.
  • Download ROM MIUI 10 Global Stable untuk Xiaomi Mi 8 dan Xiaomi Mi MIX 2S melalui link berikut ini.
Sekedar informasi, MIUI 10 hadir dengan berbagai fitur yang lebih menarik, diantaranya adalah MIUI 10 akan lebih berfokus pada optimalisasi untuk smartphone dengan layar minim bezel atau yang memiliki aspek rasio 18:9 dengan menghadirkan tampilan Recent Apps dan navigasi baru berbasis gestur.

Tampilan bar notifikasi dan Quick Settings juga mengalami beberapa perubahan sehingga memiliki tampilan yang lebih modern dan intuitif.

Selain itu, MIUI 10 juga dilengkapi dengan dukungan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang akan mempelajari kebiasaan penggunanya secara terus menerus. Sistem kecerdasan buatan tersebut akan mendukung sistem MIUI 10 sacara keseluruhan, seperti diantaranya MIUI 10 dapat membuka aplikasi lebih cepat daripada sebelumnya.

Dan terakhir, MIUI 10 akan meningkatkan kamera pada smartphone berkat dukungan kecerdasan buatan (AI). Jadi tidak hanya smartphone dengan dual-camera saja yang bisa Portrait Mode, semua smartphone Xiaomi yang hanya dibekali kamera tunggal pun nantinya juga akan dapat memotret dengan background blur atau efek bokeh dengan sempurna, baik itu menggunakan kamera depan maupun kamera belakang.

Baca juga: MIUI 10 Resmi Diperkenalkan, Inilah Berbagai Fitur Terbarunya — Beserta Perangkat yang Akan Kebagian

Sumber: XDA Developers