03 June 2018

MIUI 10 Resmi Diperkenalkan, Inilah Berbagai Fitur Terbarunya — Beserta Perangkat yang Akan Kebagian


MIUI 10

Bersamaan dengan dirilisnya tiga smartphone terbaru Mi 8 (Mi 8 "standar", Mi 8 Explorer Edition, dan Mi 8 SE), dalam event Mi Anniversary ke-8 Xiaomi juga resmi memperkenalkan tampilan antarmuka (User Interface) versi terbaru buatan mereka, yaitu MIUI 10.

Baca juga:
Tentunya, kehadiran antarmuka terbaru ini sudah ditunggu-tunggu oleh Mi-Fans, karena Xiaomi menjanjikan update MIUI 10 akan tersedia di hampir semua smartphone Xiaomi, baik device lama maupun yang baru.

Nantinya, MIUI 10 akan lebih berfokus pada optimalisasi untuk smartphone dengan layar minim bezel atau yang memiliki layar dengan aspek rasio 18:9. Selain itu, MIUI 10 juga didukung dengan kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang lebih ditingkatkan.

Dan berikut ini ulasan tentang berbagai fitur terbaru di MIUI 10:

#1. New Recents Apps

MIUI 10 New Recents Apps

Seperti yang telah aku singgung di awal tadi, MIUI 10 dioptimalkan untuk perangkat dengan layar memanjang atau memiliki aspek rasio 18:9. Hal ini terlihat melalui tampilan Recent Apps pada MIUI 10 yang didesain lebih baru.

Ya, pada MIUI 10, tampilan Recent Apps ini kini dibuat memanjang keatas, tidak lagi kesamping. Ini terlihat dalam satu layar yang kini sekaligus menampilkan beberapa aplikasi yang terakhir kali dibuka.

Perubahan tampilan ini diharapkan akan lebih meningkatkan pengalaman pengguna dalam memanfaatkan tampilan layar penuh dengan menggunakan gestur transisi yang dimulai sejak versi MIUI 9.5.

Sebagai contoh, pengguna dapat men-swipe keatas akan menutup aplikasi yang aktif dan kembali ke layar awal. Kemudian swipe ke atas dan menahan akan membuka bagian akhir. Sementara swipe ke kiri atau ke kanan di dekat bagian tengah layar akan berfungsi sebagai tombol kembali.

Selain itu, bar notifikasi juga mengalami beberapa perubahan sehingga memiliki tampilan yang lebih intuitif.

#2. AI Preload

MIUi 10 AI Preload

MIUI 10 akan mampu membuka aplikasi lebih cepat daripada sebelumnya dengan mengurangi jeda waktu loading aplikasi.

Hal ini karena MIUI 10 juga didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang lebih ditingkatkan dan akan terus menerus mempelajari kebiasaan pengguna mengenai aplikasi yang paling sering digunakan.

#3. Dedicated Portrait Mode

MIUI 10 Dedicated Portrait Mode

Salah satu fitur yang mungkin paling ditunggu-tunggu oleh Mi-Fans adalah Portrait Mode atau yang lebih dikenal dengan pemotretan mode bokeh. Karena pada MIUI 10, kemampuan kamera pada smartphone akan lebih ditingkatkan dengan dukungan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI Portrait).

Jadi tidak hanya smartphone dengan dual-camera saja yang bisa Portrait Mode, semua smartphone Xiaomi yang hanya dibekali kamera tunggal pun nantinya akan dapat memotret dengan background blur atau efek bokeh (Portrait Mode) yang sempurna, baik itu menggunakan kamera depan maupun kamera belakang.

Hal tersebut karena algoritma AI pada aplikasi kamera dapat menganalisa kedalaman adegan dan subjek tanpa membutuhkan sensor kamera tambahan.

#4. Driving Mode

MIUI 10 Driving Mode

MIUI 10 akan dilengkapi dengan mode berkendara yang khusus bagi pengemudi mobil. Mode ini akan memaksimalkan pengalaman dalam hal navigasi untuk lebih membantu pengendara.

Menariknya, pengguna tidak perlu mengoperasikan smartphone dengan jari saat sedang berkendara. Sebab, pengguna hanya perlu memberikan perintah suara ke Xiao AI voice assistant pada smartphone untuk mengubah rute perjalanan, membalas pesan yang masuk, hingga menjawab panggilan telepon.

Namun kabarnya, kemungkinan fitur hanya akan tersedia di MIUI 10 ROM China saja, tidak untuk ROM Global.

#5. Natural Sound System

MIUI 10 Natural Sound System

MIUI 10 juga dilengkapi dengan nada dering baru yang meniru suara alam seperti suara air, kayu, maupun pasir. Nantinya pengguna dapat mengaturnya sebagai nada alarm atau sebagai nada dering.

Hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat lebih rileks atau santai saat mendapatkan notifikasi secara simultan yang seringkali membuat pengguna merasa stres saat menerima banyak notifikasi.

#6. Mi Ecosystem App

MIUI 10 Mi Ecosystem App

Kini untuk pengguna Xiaomi yang juga menggunakan produk-produk buatan Xiaomi, seperti Mi Home, akhirnya dapat dimudahkan dalam mengontrol perangkat ekosistem hanya dengan smartphone.

Itulah beberapa fitur baru yang hadir di MIUI 10. Dan seperti yang telah aku singgung sebelumnya, nantinya update MIUI 10 akan hadir di hampir semua smartphone Xiaomi.

Berikut ini daftar lengkap smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan update antarmuka MIUI 10:

Pertengahan hingga akhir Juni 2018:

Mi 8, Mi MIX 2S, Mi MIX 2, Mi MIX, Mi 6X, Mi 6, Mi 5, Mi Note 2, Redmi S2, Redmi Note 5.

Akhir Juli 2018:

Mi Note 3, Mi 5X, Mi 5c, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi 4, Mi 4i, Mi 4c, Mi 4s, Mi Max 2, Mi Max, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 3S/3X, Redmi Pro, Redmi Note 5A, Redmi Note 4X (Snapdragon), Redmi Note 4 (MTK), Redmi Note 3 (semua versi).

Namun perlu diketahui, bahwa daftar diatas adalah jadwal perilisan untuk MIUI 10 ROM China Developer. Sedangkan untuk ROM Global Developer, dikabarkan akan segera menyusul.


Sumber: Xiaomi MIUI Official Forum