27 September 2018

macOS Mojave Versi Final Resmi Dirilis, Inilah Berbagai Fitur Terbarunya


macOS Mojave

Setelah merilis iOS 12 untuk perangkat iPhone pada Minggu lalu, kali ini akhirnya Apple resmi merilis versi final dari macOS Mojave setelah sebelumnya versi developernya diperkenalkan di ajang Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni 2018 lalu.

Sebagai informasi, Kode nama "Mojave" sendiri diambil nama gurun yang berada di bagian California Selatan dan sebagian kecil California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut.

Pemilihan nama "Mojave" sendiri bukan tanpa alasan, Apple SVP of Software Engineering, Craig Federighi, mengungkapkan jika pada saat malam, gurun Mojave terlihat sangat indah, hal itulah yang menjadi inspirasi Apple untuk menghadirkan salah satu fitur baru di macOS Mojave, yaitu fitur "Dark Mode".

Fitur Dark Mode akan mengubah tampilan macOS Mojave menjadi gelap, mulai dari window aplikasi yang terbuka, dock, hingga tampilan aplikasi. Tujuannya adalah agar mata pengguna tetap nyaman dan tidak cepat lelah saat berlama-lama menatap layar monitor.

macOS Mojave

macOS Mojave juga membawa sejumlah aplikasi, seperti Apple News, Voice Memos, Home, dan Stocks. Ada pula fitur Stacks yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyusun file-file berdasarkan kategori.

Kemudian pada Finder ditambahkan tampilan preview bergulir atau Carousel yang berguna untuk memudahkan pengguna melihat file gambar. Ada pula fitur Dinamic Wallpaper untuk menampilkan Live Wallpaper pada desktop.

macOS Mojave juga membawa mekanisme screenshoot yang lebih kaya fitur. Kini screenshot dilengkapi dengan aneka tool untuk mengedit gambar yang ditangkap.

Mac Apple Store juga mendapatkan pembaruan dari segi tampilan yang lebih segar dan semakin memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi.

Lalu ada fitur Continuity Camera untuk menjalankan kamera iPhone dari desktop PC dan Home Control Center sebagai pusat untuk mengendalikan berbagai perangkat Internet of Tthings atau IoT.

Sektor keamanan juga lebih ditingkatkan dalam macOS Mojave ini. Pengguna semakin mudah mengontrol aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk mengakses informasi dan hardware. Selain itu browser Safari kini dibekali kemampuan untuk memblokir pelacakan aktivitas pengguna yang dilakukan oleh beberapa situs.

macOS Mojave tersedia untuk berbagai perangkat. Berikut ini daftarnya:
  • Mac mini (Late 2012 or newer).
  • iMac (Late 2012 or newer).
  • iMac Pro (2017).
  • Mac Pro (Late 2013, mid-2010 and mid-2012 models with Metal-capable GPU).
  • MacBook (Early 2015 or newer).
  • MacBook Air (Mid 2012 or newer).
  • MacBook Pro (Mid 2012 or newer).
Cara menginstal macOS Mojave juga cukup mudah. Silakan kunjungi Mac Apple Store kemudian cari "macOS Mojave". Setelah ketemu, kemudian tekan tombol "Install" lalu klik “Continue” untuk melanjutkan proses instalasi.