Skip to main content

Rayakan Ulang Tahunnya Ke-20, Google Bikin Video yang Sertakan Bahasa Indonesia



Tepat pada hari ini, 27 September, Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-20. Raksasa mesin pencari itu merayakan hari jadinya dengan membuat doodle spesial.

Bila kamu hari ini mengunjungi halaman depan mesin pencari Google, maka kamu akan melihat sebuah doodle yang bertemakan "Ulang Tahun Google ke-20". Doodle spesial tersebut berbentuk balon yang membentuk kata Google dengan angka 2 dan 0 pada masing-masing huruf O.

Baca juga: Kilas Balik OS Android yang Kini Genap Berusia 10 Tahun

Dan jika di klik, doodle tersebut akan menampilkan sebuah video dari YouTube yang berisi animasi sejumlah kata kunci pencarian dalam berbagai bahasa di seluruh dunia.

Video tersebut dimulai dari kata kunci "What is Google" di mesin pencari Google versi lawas. Yang paling menarik, Google juga turut menyertakan kata kunci pencarian dengan Bahasa Indonesia. Kata kunci yang terpilih itu adalah, "Apa itu selfie" yang diucapkan oleh seorang perempuan.

Berikut ini video spesial ulang tahun Google ke-20:


Sebagai informasi, mesin pencari Google pertama kali dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin sebagai proyek riset di Stanford University. Satu hal yang menarik, dua sahabat ini merancang dan mengembangkan Google di sebuah asrama sejak tahun 1996. Kemudian pada 15 September 1997, Larry Page dan Sergey Brin mendaftarkan alamat domain "Google.com".

Pada tahun 1998, Pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim, memberikan kucuran dana sebesar USD 100.000 sebagai investasi awal untuk pengembangan Google. Dengan dana investasi ini, Google secara resmi didaftarkan sebagai perusahaan pada 4 September 1998.

Perusahaan yang baru berdiri tersebut kemudian berpindah "kantor" dari yang awalnya di sebuah asrama ke sebuah garasi milik Susan Wojcicki yang tak lain adalah CEO YouTube sejak 2014 lalu. Garasi tersebut berlokasi di daerah Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Pada awal tahun 2000-an, Google semakin berkembang dengan pesat hingga akhirnya mendirikan sebuah kantor pusat di kawasan Mountain View, California, pada tahun 2003 hingga saat ini.

Uniknya, meskipun Google sudah resmi berdiri sebagai perusahaan pada tanggal 4 September 1998, namun tidak ada yang dapat memastikan mengenai kapan tanggal lahirnya Google yang tepat.

Oleh sebab itulah, Google pun sempat beberapa kali mengubah tanggal hari ulang tahunnya sejak pertama berdiri sebagai perusahaan.

Di ulang tahunnya yang ke-5, Google merayakannya pada 8 September 2003. Lalu pada tahun 2004, tanggal ulang tahunnya diubah dan dirayakan pada
7 September. Kemudian pada tahun 2005, Google kembali mengubah hari ulang tahunnya menjadi tanggal 26 September.

Dan pada akhirnya, sejak tahun 2006, Google merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 27 September hingga kini.

Selamat ulang tahun Google!

Sumber: Kompas Tekno
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.