03 September 2018

Dua Smartphone Android One Motorola Resmi Meluncur


Motorola One dan Motorola One Power

Lini smartphone Android One kembali bertambah dengan kehadiran dua smartphone terbaru dari Motorola, yaitu Motorola One dan Motorola One Power.

Sama seperti perangkat Android One lainnya, kedua smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo murni atau pure Android dan jaminan update software serta security dalam jangka waktu yang lama.

Motorola menjanjikan Motorola One dan Motorola One Power akan mendapatkan update security selama tiga tahun dan update OS sebanyak dua kali. Itu artinya, kedua smartphone ini akan segera mendapat update ke Android 9.0 Pie yang baru saja diresmikan dan Android "Q" yang akan meluncur berikutnya.

Motorola One dan Motorola One Power memiliki desain yang mirip dengan layar dengan notch diatasnya. Namun, tentu saja ada beberapa perbedaan spesifikasi antara keduanya:

Motorola One

Motorola One

Motorola One mengusung layar seluas 5,9 inchi beresolusi HD+ (720 x 1520 pixel) dengan aspek rasio 19:9. Pada bagian belakangnya juga terdapat sensor fingerprint yang menyatu dengan logo Motorola.

Motorola One ditenagai oleh prosesor Snapdragon 625, RAM 4GB, memori internal 64GB, dukungan slot microSD, dan baterai 3000 mAh.

Untuk keperluan fotografi, Motorola One dibekali dual-camera belakang yang masing-masing beresolusi 13 MP + 2 MP dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP.

Motorola One bakal dibanderol seharga 299 Euro atau sekitar Rp 5,2 jutaan dan akan tersedia di pasar Eropa, Amerika Latin, dan Asia Pasifik dalam beberapa bulan ke depan.

Motorola One Power

Motorola One Power

Motorola One Power memiliki bentang layar yang lebih besar dari "saudaranya", yaitu seluas 6,2 inchi beresolusi Full HD+ (1080 x 2246 pixel) dengan aspek rasio 19:9. Dibagian belakang juga tersemat sensor fingerprint yang berada di logo Motorola.

Sesuai dengan namanya, Motorola One Power dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh, yang diklaim mampu bertahan selama 2 hari. Untuk dapur pacunya ditopang oleh prosesor Snapdragon 636, RAM 4GB, serta memori internal 64GB dengan dukungan slot microSD.

Di sektor fotografi, Motorola One Power memiliki dual-camera belakang beresolusi 16 MP + 5 MP dan LED Flash. Sementara kamera depannya beresolusi 12 MP.

Kabarnya Motorola One Power akan mulai tersedia di pasar India mulai Oktober mendatang, namun banderol harganya masih belum diumumkan.