13 August 2018

Cara Menggunakan VPN di PC / Komputer


Cara Menggunakan VPN di PC / Komputer

Di era yang serba digital saat ini, pastinya kita selalu mencari informasi apapun melalui internet. Tapi sayangnya, ada beberapa situs yang diblokir di beberapa negara tertentu karena tidak sesuai dengan kebijakan yang berlaku di negara tersebut. Nah, untuk dapat mengakses situs yang terblokir tersebut, maka kita perlu menggunakan layanan VPN atau Virtual Private Network.

Karena dengan menggunakan VPN, maka kita mempunyai jaringan pribadi yang terhubung dengan server yang terdapat di negara tertentu yang kemudian akan menyembunyikan IP address asli kita sehingga kita dapat berselancar di internet tanpa dikenali. Dan tentunya, kita dapat mengakses situs yang terblokir tersebut dengan menggunakan IP address dari negara lain yang lebih "bebas" mengakses situs apapun.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN

Ada beberapa cara untuk dapat menggunakan layanan VPN di PC atau komputer. Yaitu dengan menggunakan OpenVPN Connect, menginstal aplikasi pihak ketiga, ataupun menginstal ekstensi tambahan atau add-ons pada browser.

Namun pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan layanan VPN berupa ekstensi tambahan atau add-ons pada browser yang bernama Touch VPN. Salah satu kelebihan dari Touch VPN ini adalah ekstensi ini gratis dan menyediakan unlimited bandwith.

Untuk cara menggunakan layanan VPN dari Touch VPN ini juga sangat mudah. Pertama tentunya kamu download dan instal terlebih dahulu ekstensi Touch VPN sesuai dengan browser yang kamu gunakan melalui link di bawah ini:
Setelah terinstal, kemudian klik icon Touch VPN di pojok kanan atas browser. Kemudian silakan pilih server dari negara mana yang kamu inginkan di menu "Switch location to". Pada tutorial ini, aku memilih server VPN dari negara Kanada.

Touch VPN

Setelah itu, klik lingkaran yang bertuliskan "Connect". Silakan tunggu beberapa saat hingga Touch VPN terkoneksi dengan server VPN dari negara yang kita pilih.

Touch VPN

Silakan tunggu beberapa saat hingga VPN berhasil terkoneksi dengan server negara tujuan, atau hingga menampilkan informasi seperti pada gambar di bawah ini.

Touch VPN

Untuk memastikan jika VPN telah terkoneksi. Silakan kunjungi situs https://whatismyipaddress.com/. Dari tutorial ini menunjukkan sekarang IP address yang aku pakai sudah berada di Kanada. (Klik gambar untuk memperbesar tampilan)

whatismyipaddress.com

Sampai disini maka kamu sudah bisa mengakses situs yang terblokir. Bagaimana? sangat mudah bukan?.

Perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan cara ini dengan bijak ya gaes! Jangan digunakan untuk mengakses situs yang memuat konten negatif !

Dan jika kamu menggunakan browser Opera, maka kamu tidak perlu menginstal ekstensi VPN tambahan. Sebab, browser Opera kini telah dilengkapi fitur VPN bawaan. (Baca juga: Browser Opera Kini Dilengkapi Fitur VPN Gratis dan Tak Terbatas)