10 August 2018

Samsung Resmi Perkenalkan Jam Tangan Pintar Galaxy Watch


Galaxy Watch

Bersamaan dengan diluncurkannya Galaxy Note 9, Samsung juga memperkenalkan seri terbaru dari jam tangan pintar besutan mereka, yakni Galaxy Watch. Dan seperti biasa, Samsung tetap mempertahankan desain smartwatch yang modis pada Galaxy Watch, sehingga tetap cocok digunakan oleh semua kalangan.

Dalam rangka membangun ekosistem untuk melengkapi lini "Galaxy", maka Galaxy Watch sekaligus menjadi perangkat jam tangan pintar pertama Samsung yang masuk kedalam lini "Galaxy". Karena biasanya, jam tangan pintar Samsung dimasukkan kedalam lini "Gear".

Galaxy Watch tersedia dalam 2 varian ukuran, yakni ukuran 46 mm dengan layar 1,2 inchi dan ukuran 42 mm dengan layar 1,3 inchi. Layarnya juga telah diproteksi kaca pelindung Gorilla Glass DX.

Selain itu, jam tangan pintar tersebut juga tersedia dalam varian Bluetooth dan 4G LTE. Untuk varian Bluetooth, memiliki RAM 728MB dan storage 4GB. Sedangkan varian 4G LTE memiliki RAM 1,5GB dan storage 4GB.

Untuk catu dayanya, Samsung membekali Galaxy Watch dengan baterai berkapasitas 472 mAh untuk varian 46 mm dan 270 mAh untuk varian 42 mm. Jam tangan pintar tersebut juga mendukung pengisian daya tanpa kabel (wireless charging). Samsung juga mengklaim jika Galaxy Watch dapat digunakan selama beberapa hari dengan sekali charging.

Galaxy Watch

Galaxy Watch ditenagai oleh prosesor Exynos 9110 Dual-core berkecepatan 1,15 GHz serta berjalan pada sistem operasi Tizen OS 4.0 dengan menawarkan lebih dari 60 ribu watch face.

Fitur lainnya meliputi dukungan GPS, monitor denyut jantung, monitor tingkat stres, hingga monitor pola makan dan waktu tidur.

Selain itu, Galaxy Watch juga mengantongi sertifikasi IP68 (tahan air dan debu), rating tekanan 5ATM, dan sudah melewati uji standar militer MIL-STD-810G sehingga tahan banting dan tahan di segala kondisi.

Galaxy Watch hadir dengan tiga pilihan warna casing yang dapat dipilih, yakni Midnight Black, Rose Gold, dan Silver.

Sayangnya Samsung belum mengungkapkan mengenai harga dari jam tangan pintarnya ini. Namun kabarnya Galaxy Watch bakal mulai tersedia pada 24 Agustus 2018 di wilayah Amerika Serikat, kemudian menyusul di Korea Selatan pada 31 Agustus 2018.

Sementara negara-negara lainnya mulai kebagian pada 14 September 2018 mendatang. Dan kabar baiknya, jam tangan pintar ini dipastikan pula juga akan hadir di Indonesia.