03 May 2018

LG G7 ThinQ Resmi Dirilis, Hadir dengan Dukungan AI dan Kualitas Audio Terbaik


LG G7 ThinQ

Setelah berbagai bocorannya sempat bertebaran di internet, akhirnya LG resmi merilis smartphone flagship terbarunya, yakni LG G7 ThinQ. Smartphone terbaru ini hadir dengan spesifikasi kelas, salah satunya yaitu dukungan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam paket AI Pack 2.0 dan menawarkan kualitas audio terbaik.

Fitur kecerdasan buatan (AI) pada LG G7 ThinQ ini berupa Voice AI yang mampu mengenali perintah suara. Voice AI dapat diakses melalui tombol khusus yang berada di bawah tombol volume.

Sekali menekan tombol khusus tersebut akan mengaktifkan Google Assistant, sementara dua kali tekan cepat akan mengaktifkan Google Lens. Kemudian jika menekan dan menahan tombol tersebut selama beberapa saat maka pengguna akan dapat langsung berbicara dengan Google Assistant.

Ada pula fitur "Super Far Field Voice Recognition". Fitur ini berupa sepasang microfon yang memungkinkan menangkap suara jarak jauh agar pengguna dapat memanggil Google Assistant meskipun berada dalam jarak sekitar 5 meter.

Baca juga:
Selain itu, kamera pada LG G7 ThinQ juga dibekali dengan AI Cam yang membuatnya memiliki 19 mode pemotretan. LG juga membuat kamera pada smartphone ini mampu memotret objek empat kali lebih baik dibanding foto yang biasanya meski dalam kondisi low-light berkat fitur "Super Bright Camera".

Seperti yang telah aku singgung sebelumnya, bahwa LG G7 ThinQ memberikan kualitas audio terbaik. Hal tersebut karena sistem audio pada smartphone ini telah dilengkapi fitur Boombox Speaker yang diklaim mampu meningkatkan suara hingga mencapai 6dB dan meningkatkan kuaitas bass hingga 2x lebih baik.

Selain itu, ada pula fitur DTS: X 3D Surround Sound yang mampu mencipatakan suara 3D dengan kanal audio 7.1 channel dan membuat suara lebih terfokus. Sementara untuk penggunaan earphone maupun headphone, smartphone ini juga dilengkapi fitur Hi-Fi Quad DAC untuk meminimalisir distorsi harmonic secara keseluruhan, meningkatkan audio dynamic range, dan mengoptimalkan rasio Signal to Noise (SNR atau S/N ratio).

LG G7 ThinQ

Dari segi desain, LG G7 ThinQ mengusung body dari bahan logam dengan frame berbahan aluminium serta dilapisi dengan kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakangnya. Smartphone ini juga mengusung sertifikasi IP68 yang akan tahan terhadap air maupun debu dan juga telah memenuhi uji standar militer MIL-STD 810G.

LG G7 ThinQ mengusung layar dengan panel M+ LCD "Super Bright Display" yang memiliki tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Layarnya sendiri memiliki bentang seluas 6,1 inchi beresolusi Quad HD+ dengan aspek rasio 19,5:9.

Mengikuti tren, layar LG G7 ThinQ juga memiliki poni atau notch diatasnya, namun pengguna masih bisa menyamarkan notch tersebut melalui pengaturan.

LG G7 ThinQ ditenagai oleh prosesor Snapdragon 845, GPU Adreno 630, RAM 4GB / 6GB, memori internal 64GB / 128GB, OS Android 8.0 Oreo, dan Baterai 3000 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0.

LG G7 ThinQ

Berikut adalah spesifikasi dari LG G7 ThinQ:
  • Dimensi: 153,2 x 71,9 x 7,9 mm.
  • Berat: 162 gram.
  • Layar: M+ LCD "Super Bright Display" up to 1000 nits, 6,1 inchi Quad HD+ (3120 x 1440 pixel), ~564 ppi, aspect ratio 19,5:9, Corning Gorilla Glass 5, HDR10 compliant, 2.5D Curved Display.
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core 2,8 GHz.
  • GPU: Adreno 630.
  • RAM: 4GB / 6GB LPDDR4X.
  • Memori Internal: 64GB / 128GB UFS 2.1, slot microSD hingga 400GB (hybrid slot).
  • Sistem Operasi: Android 8.0 Oreo dengan antarmuka LG UX 6.0.
  • Kamera Belakang: Dual-camera (16 Megapixel , sensor Sony IMX351, aperture f/1.6, 71° field of view, OIS) + (16 Megapixel, sensor Sony IMX351, aperture f/1.9, 107° field of view), Super Bright Camera, Laser Autofocus, PDAF, LED Flash.
  • Kamera Depan: 8 Megapixel, aperture f/1.9, wide-angle 90°.
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual-SIM (Nano-SIM), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, GLONASS, NFC, USB Type-C, USB On-The-Go, jack audio 3.5 mm.
  • Sensor: Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass, Barometer.
  • Fitur Lain: AI Pack 2.0 (Voice AI, AI Cam), Super Far Field Voice Recognition, Face Unlock, sertifikasi IP68 (tahan air dan debu), standar militer MIL-STD-810G, Boombox Speaker, DTS:X 3D 7.1 Surround Sound, Hi-Fi Quad DAC ESS Sabre ES9218 chip.
  • Baterai: 3000 mAh (non-removable), support Fast Charging (Quick Charge 3.0).
  • Pilihan Warna: New Platinum Gray, New Aurora Black, New Moroccan Blue, Raspberry Rose.
Bicara soal harga, sayangnya LG masih belum mengumumkan harga resmi dari LG G7 ThinQ ini. Namun untuk ketersediaannya, smartphone flagship ini kabarnya akan tersedia secara global mulai awal Juni 2018 mendatang.