29 April 2018

Microsoft Kembangkan Windows 10 Lean, Versi Baru Windows 10 untuk Perangkat dengan Penyimpanan Minim


Windows 10

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sistem operasi Windows 10 saat ini telah merambah ke berbagai perangkat mulai dari desktop PC, laptop, hingga tablet hybrid. Namun untuk tablet low-end, ada beberapa perangkat yang dibekali kapasitas penyimpanan minim yang juga menjalankan Windows 10. Alhasil, pengguna pun seringkali tidak dapat melakukan update sistem karena keterbatasan ruang memori penyimpanan pada perangkatnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, dan lebih memantapkan dukungan terhadap perangkat mobile, Microsoft belum lama ini dikabarkan tengah mengembangkan versi baru Windows 10 yang bernama Windows 10 Lean.

Windows 10 Lean bisa dikatakan merupakan versi "ringan" dari Windows 10 versi reguler karena memang ditujukan bagi perangkat dengan kapasitas ruang penyimpanan yang sangat terbatas, atau memiliki kapasitas penyimpanan 16GB saja.

Pada Windows 10 Lean ini nantinya akan ada beberapa fitur Windows akan dibuang, seperti Registry Editor, browser bawaan, dan masih ada fitur lainnya yang juga tidak disertakan. Hal ini dilakukan agar Windows 10 Lean dapat memiliki ukuran sekecil mungkin agar tidak terlalu memakan ruang penyimpanan. Alhasil, Windows 10 Lean memiliki ukuran yang 2GB lebih kecil jika dibandingkan Windows 10 Pro.

Baca juga:
Selebihnya, Windows 10 Lean masih memiliki fungsi yang sama seperti Windows 10 versi reguler, contohnya Windows 10 Home ataupun Windows 10 Pro, sistem operasi terbaru ini juga akan tetap mendukung aplikasi Win32 sehingga pengguna masih bisa menginstal program pihak ketiga apabila diperlukan.

Perlu diketahui, untuk saat ini Windows 10 Lean masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Dan besar kemungkinan akan diperkenalkan oleh Microsoft bersamaan dengan perilisan Windows 10 Redstone 5.

Sumber: Windows Central