26 April 2018

Gmail Kini Punya Tampilan Baru, Inilah Berbagai Fitur Terbarunya


Gmail

Google belakangan ini memang dikabarkan tengah merombak tampilan pada layanan Email mereka, yakni Gmail. Dan benar saja, akhirnya hari ini Google telah mengumumkan tampilan baru Gmail yang kini menjadi lebih rapi, bersih, dan modern, karena menggunakan elemen berbasis Material Design.
Tampilan Baru Gmail
Tampilan Baru Gmail (Klik gambar untuk memperbesar tampilan)
Selain tampilannya yang baru, Google juga menghadirkan berbagai fitur terbaru untuk Gmail, seperti mode rahasia (Confidential Mode), prioritas notifikasi, mode offline yang lebih baik, serta dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung fitur "Smart Reply" dan untuk memindai Email pengguna.

Ada pula integrasi langsung ke Google Calendar, Google Keep, Google Task, dan aplikasi Google lainnya di Gmail versi terbaru ini.

Baca juga: Tahukah Kamu? Inilah Arti Huruf "G" di Gmail yang Sebenarnya

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan singkat dari fitur-fitur baru yang ada di Gmail:

#1. Mode Rahasia (Confidential Mode)

Mode Rahasia (Confidential Mode)

Mode Rahasia (Confidential Mode) memungkinkan pengguna agar lebih leluasa mengontrol informasi dari Email yang dikirimnya.

Pengguna dapat mengatur tanggal kedaluwarsa pada Email yang dikirimnya. Jadi, pesan akan otomatis hilang dalam periode tertentu.

Selain itu, dengan fitur Confidential Mode, Email akan diproteksi dengan Information Rights Management (IRM) yang akan melindungi pesan sensitif agar tidak diedit, disalin, diteruskan, maupun dicetak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


#2. Tools Tambahan Agar Bekerja Lebih Efisien

inbox Gmail

Beberapa tools tambahan di Gmail akan membuat pengguna dapat bekerja lebih efisien. Dari jendela inbox, pengguna cukup mengarahkan kursor ke subjek Email yang dikehendaki, maka saat itu juga akan muncul beberapa tools pilihan, seperti mengarsipkan pesan, membalas pesan undangan, menghapus pesan, hingga mengatur alarm.

Melalui jendela inbox pun pengguna juga dapat langsung melihat lampiran tanpa harus membuka Email secara keseluruhan.


#3. Smart Reply

Smart Reply
Fitur Smart Reply yang sebelumnya ada di Gmail versi mobile kini juga dihadirkan di Gmail versi desktop. Fitur ini didukung oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang akan memudahkan pengguna menjawab pesan dengan lebih cepat dan efisien.


#4. Pengingat untuk Membalas Email

Nudging Gmail
Google menghadirkan fitur pengingat berbasiskan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) yang berfungsi untuk mengingatkan pengguna untuk membalas Email yang dianggap penting.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur "Snooze" untuk menyembunyikan pesan hingga batas waktu yang telah ditentukan.


#5. Prioritas Notifikasi

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur pesan mana saja yang akan muncul di pop-up. Sehingga hanya Email penting saja yang akan muncul.


#6. Dukungan Offline yang Lebih Baik

Dukungan offline di Gmail kini lebih baik, pengguna dapat melihat Email secara offline dari 90 hari yang lalu berkat adanya local caching.

Selain itu, Google Docs kini juga dapat digunakan dalam mode offline. Jadi pengguna masih dapat bekerja meskipun tanpa koneksi internet. Namun, fitur Google Docs mode offline untuk sementara baru tersedia untuk pengguna GSuite, yakni layanan cloud yang terintegrasi aplikasi Google dan Gmail.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu harus mendaftarkan diri lebih dahulu ke "GSuite Early Program" melalui panel Admin.

Tampilan Gmail terbaru versi desktop ini akan diperkenalkan secara bertahap kepada pengguna. Namun jika kamu sudah tidak sabar ingin segera mencoba tampilan baru tersebut, kamu dapat langsung mengaktifkannya mulai sekarang melalui tombol pengaturan di pojok kanan atas, lalu pilih "Coba Gmail baru" atau "Try the new Gmail".

Mengaktifkan Tampilan Baru Gmail

Sumber: Google Blog