17 February 2018

Tahukah Kamu? Inilah Arti Huruf "G" di Gmail yang Sebenarnya


Logo Gmail

Bagi pengguna internet, tentu sudah tak asing lagi dengan Gmail kan? Ya, Gmail merupakan layanan e-mail gratis milik Google. Diluncurkan pada tahun 2004 silam, Gmail semakin berkembang dan menjadikannya sebagai salah satu layanan e-mail yang sangat populer hingga saat ini.

Banyak orang mengira jika huruf "G" di Gmail itu adalah singkatan dari nama Google. Anggapan tersebut juga tidak bisa disalahkan. Sebab, saat ini Gmail memang dikenal merupakan produk dari Google.

Tapi tahukah kamu? Sebenarnya, huruf "G" dari Gmail itu adalah singkatan dari Garfield. Tahu kan Garfield? Itu lho! Tokoh seekor kucing belang berbadan tambun yang super mager.

Garfield

Jadi, jauh sebelum dipopulerkan oleh Google, ternyata nama "Gmail" sebenarnya telah lebih dulu dipakai oleh Paws Inc, studio kartun milik kreator karakter Garfield, Jim Davis.

"Gmail" atau sebelum itu bernama G-mail, telah didirikan sejak tahun 1998. Saat itu, G-mail merupakan sebuah situs untuk mengirim aneka komik-komik strip Garfield kepada para pembacanya. Hal ini diketahui dari screenshoot situs G-mail yang disimpan oleh situs pengumpul sejarah internet, Internet Archive.

G-mail

Karena Google telah membuat layanan e-mail dengan nama yang sama yakni Gmail, muncul kabar jika Google telah mengambil alih domain Gmail.com dari Paws Inc.

Namun sebenarnya, Paws Inc. tidak pernah menggunakan nama domain Gmail.com. Studio kartun tersebut menggunakan nama domain lain untuk layanan G-mail buatannya, yaitu gmail.garfield.com yang merupakan subdomain dari situs Garfield.com.

Informasi lain menyebutkan, bahwa pemilik awal domain Gmail.com adalah sebuah perusahaan bernama US Email. Perusahaan tersebut telah mendaftarkan domain Gmail.com sejak tahun 1995. Itu artinya, masa aktif domain Gmail.com ternyata lebih tua dari domain Google.com.

Pada awal tahun 2000-an. Perusahaan US Email ditutup dan kepemilikan domain Gmail.com sempat berpindah-pindah setelah akhirnya domain tersebut diambil alih oleh Google.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber