21 February 2018

Tahukah Kamu? Ternyata Si "Robot Hijau" Android Punya Nama Lho!


Android

Jika kita berbicara soal Android, tentunya tak lepas dari maskot dari sistem operasi mobile terpopuler tersebut. Ya, Android memiliki maskot robot berwarna hijau dengan dua antena kecil di kepalanya. Bagi kebanyakan orang, maskot Android ini terkenal dengan sebutan si "robot hijau" Android. Tapi, tahukah kamu? Bahwa sebenarnya maskot Android ini punya nama lho!

Dikutip dari Kompas Tekno, maskot Android ini diberi nama Bugdroid. Nama Bugdroid sendiri diberikan oleh tim Android di Google. Hal ini karena programmer Android selalu berhadapan dengan bug, atau celah keamanan suatu sistem.

Baca juga: Tahukah Kamu? Inilah Arti Huruf "G" di Gmail yang Sebenarnya

Sedangkan untuk maskot "robot hijau" Android dengan dua antena kecil diciptakan pada November 2007 oleh Irina Blok, seorang anggota tim Marketing Communication Google. Irina sendiri menceritakan bahwa dia hanya butuh waktu 5 menit saja untuk membuat maskot Android tersebut.
Irina Blok
Irina Blok, Desainer Maskot Android
Pada awalnya, Irina diberikan waktu kurang dari seminggu oleh tim pengembang Android menciptakan maskot Android. Sebab, seminggu kemudian Google dijadwalkan akan merilis sistem operasi Android secara resmi.

Dalam proses pembuatan maskot Android ini, Irina terinspirasi dari simbol toilet yang ada di bandara. Umumnya, toilet memiliki simbol yang sangat sederhana, simbol tersebut menggunakan desain bangun datar dengan bentuk yang mirip laki-laki atau perempuan.

Desain Maskot Android

Karena bentuknya yang sederhana tersebut, Irina mulai mencoba berkreasi dengan simbol toilet tersebut yang akhirnya dia berhasil menciptakan maskot Android dan desain maskot buatannya itu diterima oleh Google hingga berhasil mendunia seperti yang kita kenal saat ini.

Sumber: Kompas Tekno