Skip to main content

Android One Xiaomi Mi A1 Resmi Dirilis, Usung Kamera Ganda dan OS Android Murni


Xiaomi Mi A1

Xiaomi memang belakangan ini dikabarkan telah mempersiapkan smartphone Android One yang merupakan hasil kerjasamanya dengan Google. Dan pada Selasa kemarin (5/9/2017), vendor asal China tersebut akhirnya telah resmi merilis smartphone Android One pertamanya itu yang diberi nama Xiaomi Mi A1 dalam sebuah acara yang digelar di India.

Sekedar informasi, Android One merupakan inisiatif Google yang bekerjasama dengan vendor terpilih dalam menghadirkan smartphone dengan harga terjangkau untuk penduduk yang berada di negara berkembang.

Kembali lagi ke Xiaomi Mi A1, salah satu fitur andalan dari smartphone Android One ini adalah memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi lensa telephoto beresolusi 12 Megapixel dan lensa wide-angle beresolusi 12 Megapixel dengan kemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom serta didukung fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning.

Kombinasi kamera ganda tersebut mampu menciptakan efek bokeh lebih dalam seperti layaknya hasil jepretan kamera DSLR, bahkan kamera ganda Xiaomi Mi A1 diklaim memiliki konfigurasi yang mirip dengan kamera iPhone 7 Plus. Sementara untuk keperluan selfie, Xiaomi Mi A1 dibekali kamera depan beresolusi 5 Megapixel dengan aperture f/2.0 dan dilengkapi fitur Beautify 3.0.

Baca juga:
Untuk desainnya, body Xiaomi Mi A1 terbuat dari bahan full metal dengan sisi bagian belakang melengkung, sehingga tak cuma kokoh tapi juga nyaman digenggam. Untuk layarnya, smartphone ini mengusung layar IPS seluas 5,5 inchi beresolusi Full-HD (1080p) dan dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass.

Xiaomi Mi A1

Dan untuk mendukung kinerjanya, Xiaomi Mi A1 dibekali dengan hardware yang bisa dikatakan serupa seri Xiaomi Mi 5X, antara lain processor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, memori internal 64 GB dan baterai berkapasitas 3080 mAh dengan didukung fitur fast charging. Tak ketinggalan juga dan sensor fingerprint pada bagian belakang dan port USB Type-C turut dihadirkan di smartphone ini.

Menariknya, karena termasuk kedalam jajaran smartphone Android One, maka Xiaomi Mi A1 menggunakan sistem operasi Android murni dan tidak menggunakan MIUI yang merupakan custom ROM khas smartphone Xiaomi. Selain itu, Google juga menjamin Xiaomi Mi A1 akan mendapatkan dukungan pembaruan Android versi terbaru.

Berikut beberapa spesifikasi dari Xiaomi Mi A1:
  • Dimensi: 155,4 x 75,8 x 7,3 mm.
  • Berat: 165 gram.
  • Layar: IPS LCD 5,5 inchi Full HD (1920 x 1080 pixel), pelindung Corning Gorilla Glass.
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2 GHz.
  • GPU: Adreno 506.
  • RAM: 4 GB.
  • Memori Internal: 64 GB, slot MicroSD hingga 128 GB.
  • Sistem Operasi: Android 7.1.2 Nougat (stock Android), upgradable to Android 8.0 Oreo dan Android P.
  • Kamera Belakang: Dual-Camera (telephoto 12 Megapixel, sensor Omnivision OV13880, aperture f/2,6) + (wide-angle 12 Megapixel, sensor Omnivision OV12A10, aperture f/2.2), PDAF, 2x optical zoom, 10x digital zoom, Dual-LED Flash, Video 4K.
  • Kamera Depan: 5 Megapixel, aperture f/2.0, Beautify 3.0.
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual-SIM, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, GLONASS, USB Type-C, USB OTG, jack audio 3.5 mm.
  • Sensor: Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Ambient Light, RGB sensor.
  • Baterai: 3080 mAh, support Fast Charging.
  • Pilihan Warna: Black, Gold, Rose Gold.
Xiaomi Mi A1 akan mulai dijual di India pada 12 September mendatang dengan harga 14999 Rupee atau sekitar Rp.3,1 jutaan dan kabarnya juga akan hadir di negara-negara lain termasuk dipastikan pula juga akan hadir di Indonesia.

UPDATE: Xiaomi Mi A1 resmi hadir di Indonesia, smartphone ini di banderol seharga Rp.3,1 juta dan bisa dipesan di toko online Lazada mulai 2 Oktober 2017 mendatang
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.