Skip to main content

Google Bakal Hadirkan Fitur Pemblokir Iklan di Browser Google Chrome


Google Chrome

Ada kabar yang cukup mengejutkan dari Google. Ya, raksasa mesin pencari tersebut berencana bakal hadirkan fitur Ad-Blocker atau pemblokir iklan di browser Google Chrome untuk versi desktop dan mobile. Fitur tersebut nantinya bakal hadir secara otomatis di browser Google Chrome, namun pengguna masih bisa mengaktifkan atau mematikannya sesuai kebutuhan.

Memang ini terdengar sedikit aneh, mengingat Google sendiri merupakan perusahaan advertising online terbesar di dunia yang mengandalkan bisnis internet dengan bergantung pada iklan. Namun, rencana Google untuk membuat sendiri Ad-Blocker tersebut merupakan strategi Google dalam menghadapi Ad-Blocker buatan pihak ketiga. Karena Google tidak dapat mengendalikan jika pengguna menggunakan Ad-Blocker dari pihak ketiga.

Baca juga:
Ada perbedaan fitur Ad-Blocker buatan Google dengan Ad-Blocker dari pihak ketiga. Karena fitur Ad-Blocker buatan Google tersebut kabarnya hanya akan memblokir iklan yang tidak sesuai dengan aturan yang telah disepakati di Coallition for Better Ads dan berbagai iklan yang mengganggu pengalaman pengguna saat mengunjungi situs web, seperti iklan fullscreen, iklan pop-up, iklan video autoplay dan sejenisnya.

UPDATE: Mulai 15 Februari 2018 mendatang, browser Google Chrome akan dilengkapi fitur pemblokir iklan. Baca artikel selengkapnya disini

Dengan begitu diharapkan agar pengunjung dapat terhindar oleh berbagai iklan yang mengganggu, sementara pengelola website tetap bisa menyediakan konten untuk pengguna serta menampilkan iklan yang sesuai dengan aturan. Bagaimana menurutmu tentang rencana Google ini?

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.