Tidak Bisa Terhubung Ke Internet? Aktifkan Saja Offline Browsing di Google Chrome


Google Chrome

Bila kamu seorang yang selalu mencari berbagai informasi di internet, namun suatu ketika kamu sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mengakses internet. Padahal kamu perlu mengakses kembali halaman website yang pernah kamu kunjungi untuk membaca informasi di dalamnya. Jika kamu pernah atau sering mengalami hal tersebut, kamu bisa mencoba browsing secara offline atau tanpa koneksi internet.

Mungkin bagi yang belum pernah mencoba pasti akan langsung menganggap bahwa hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Bagaimana mungkin browsing tanpa internet? Tapi kenyataannya hal tersebut terbukti bisa dilakukan di browser Google Chrome. Ya, Google Chrome memiliki fitur yang memungkinkan kamu bisa mengakses kembali halaman website yang sebelumnya pernah kamu kunjungi tanpa harus kembali terhubung ke internet, oleh karena itulah fitur ini disebut dengan Offline Browsing. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan. Bagi kamu yang ingin mencoba fitur ini, pastikan browser Google Chrome yang kamu miliki sudah versi yang terbaru. Jika belum silahkan update terlebih dahulu.

Fitur offline browsing ini tidak akan kamu temukan di dalam menu setting. Untuk mengaktifkan fitur tersebut sebenarnya sangat simpel, hanya cukup dengan sedikit mengubah settingan default browsernya. Caranya, ketikkan Chrome://flags pada address bar browser lalu tekan Enter.

Offline Browsing di Google Chrome

Kemudian cari pilihan menu Aktifkan Tombol Tampilkan Salinan yang Disimpan. Lalu pada menu dropdown silahkan pilih salah satu dari menu tersebut. Jika kamu memilih Aktifkan Primer, maka tombol akan langsung terlihat pada halaman error. Dan jika kamu memilih Aktifkan Sekunder, maka tombol akan terletak dibawah tombol muat ulang. Tapi sebaiknya kamu pilih opsi yang pertama saja.

Offline Browsing di Google Chrome

Setelah itu, klik tombol Luncurkan ulang sekarang, agar settingan tadi dapat diterapkan.

Offline Browsing di Google Chrome

Nah, saatnya untuk kita mengujinya. Pastikan dahulu bahwa komputer kamu tidak terhubung dengan koneksi internet. Kemudian buka kembali website yang terakhir kali kamu buka (untuk hal ini, kamu bisa membukanya melalui menu history pada browser). Maka seperti biasa, akan muncul halaman error lengkap dengan gambar dinosaurus yang sedang "berpose" hehehe XD. Lalu perhatikan dibawah rincian error tersebut terdapat tombol Tampilkan Salinan yang disimpan berwarna biru. Silahkan kamu klik tombol tersebut, maka akan langsung membuka website yang ingin kamu buka kembali tersebut.

Offline Browsing di Google Chrome

Lalu, bagaimana bisa browsing tanpa koneksi internet?

Pasti pertanyaan ini yang akan muncul setelah kamu membaca artikel ini. Jawabannya sederhana, saat kamu mengunjungi suatu website maka semua web browser termasuk juga Google Chrome, akan otomatis langsung menyimpan semua gambar, CSS, HTML, Javascript dan elemen dari website yang lainnya ke dalam Cache browser. Oleh sebab itulah kamu bisa dengan mudah membuka website secara offline di Google Chrome. Tapi perlu diketahui, hal tersebut hanya bisa kamu lakukan selama cache browser belum kamu hapus. Namun trik ini tidak bisa untuk menampilkan kembali video streaming yang sebelumnya kamu tonton dan juga elemen tertentu yang membutuhkan koneksi ke server untuk dapat tampil.

Itulah sedikit trik tentang cara browsing secara offline, jadi intinya seperti menyimpan halaman website "sementara" di cache browser untuk dibuka lagi di lain waktu. Bila kamu memiliki trik seputar browser Google Chrome lainnya bisa kamu bagikan di kolom komentar :).
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »