Cara Menyimpan Halaman Web Untuk Dibaca Offline Di Google Chrome


Google Chrome

Saat kamu sedang browsing di internet, mungkin kamu seringkali menemukan suatu artikel yang didalamnya terdapat informasi menarik, baik itu informasi tentang tutorial, panduan, serta berbagai kumpulan tips maupun trik yang kamu rasa penting untuk dibaca lagi di lain waktu. Namun, bagi yang sedang menghemat kuota internet, cara terbaik adalah dengan menyimpan halaman web agar halaman web tersebut dapat dibaca kembali tanpa koneksi internet.

Menyimpan halaman web di komputer sebenarnya sangat mudah sekali. Sebelumnya, aku juga pernah membagikan tutorial tentang cara menyimpan halaman web dengan menggunakan ekstensi atau add-ons yang bernama ScrapBook. Tetapi add-ons tersebut hanya dapat digunakan untuk browser Mozilla Firefox saja. (Baca: ScrapBook: Cara Mudah Menyimpan dan Membaca Website Secara Offline)

Dan bagi pengguna Google Chrome, kali ini aku akan membagikan tutorial bagaimana cara menyimpan halaman web di browser milik raksasa internet tersebut. Sama seperti Mozilla Firefox, pada browser Google Chrome ini, kita juga akan menggunakan ekstensi agar dapat menyimpan halaman web. Ekstensi tersebut bernama PageArchiver.

PageArchiver merupakan sebuah ekstensi Google Chrome yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan Scrapbook. Hanya saja, PageArchiver memiliki fitur yang sedikit lebih lengkap. Diantaranya:
  • Dapat mengekspor halaman web dalam format HTML sehingga dapat dibaca terpisah tanpa menggunakan PageArchiver.
  • Mengedit halaman web yang tersimpan. Kita bisa memberi tanda pada kalimat yang penting, mengubah ukuran serta jenis font dan lain sebagainya.
  • Menambahkan tag dan rating bintang untuk halaman web yang tersimpan.
  • Mensortir halaman web yang tersimpan berdasarkan url, tag, judul, tanggal dan lainnya.
  • Halaman web yang tersimpan dapat dicari melalui address bar (omnibox) Google Chrome. Dengan cara mengetik kata pa di address bar browser diikuti dengan nama halaman web yang tersimpan lalu tekan tombol Tab pada keyboard.
  • Dapat mem-bookmark halaman web yang tersimpan.
Bagi yang ingin mencobanya, sebelum menginstall ekstensi PageArchiver, silahkan download dan install terlebih dahulu sebuah ekstensi tambahan bernama SingleFile Core melalui tautan ini, ekstensi SingleFile Core ini berfungsi sebagai tool pendukung agar dapat menampilkan dan mengedit halaman web yang tersimpan.

Jika ekstensi tambahannya sudah kamu install, sekarang silahkan download dan install ekstensi PageArchiver melalui tautan ini.

Setelah semua ekstensi tadi selesai diinstall, maka di bagian toolbar Google Chrome akan tampil sebuah icon berbentuk open Folder. Icon ini menunjukkan bahwa PageArchiver telah siap kita gunakan.

PageArchiver

Untuk menyimpan halaman web, silahkan buka terlebih dahulu halaman web yang ingin kamu simpan, kemudian klik icon PageArchiver lalu pilih menu Tabs. Pada menu Tabs tersebut, akan tampil semua halaman web yang telah kamu buka pada setiap tab browser. Selanjutnya, kamu bisa memilih tab atau artikel mana saja yang ingin kamu simpan dengan cara memberi tanda centang, kemudian klik tombol Save dan tunggu proses penyimpanannya hingga selesai.

PageArchiver

Untuk melihat hasil dari halaman web yang tersimpan, silahkan buka melalui menu Archives. Selanjutnya, klik tombol Open untuk membuka halaman web.

PageArchiver

Sedangkan untuk mengedit halaman web yang tersimpan, silahkan klik tombol Expand yang berada di bagian pojok kanan atas dari halaman web yang tersimpan untuk menampilkan tool editor.

PageArchiver

Nah, dengan menggunakan PageArchiver, sekarang kamu bisa membaca halaman web kapanpun dan dimanapun tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

Baca Juga: Tidak Bisa Terhubung Ke Internet? Aktifkan Saja Offline Browsing di Google Chrome

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »