16 November 2017

Firefox Quantum Resmi Dirilis, Diklaim 2X Lebih Kencang dan Lebih Hemat RAM dari Chrome


Firefox Quantum

Mozilla baru saja resmi meluncurkan Firefox Quantum. Versi terbaru dari browser Firefox ini bisa dikatakan merupakan update besar-besaran yang pertama kali dilakukan oleh Mozilla untuk browser besutannya tersebut. Karena Firefox Quantum hadir dengan rendering engine yang baru, tampilan yang baru, fitur-fitur baru, hingga menawarkan kemampuan penjelajahan web yang lebih kencang. Itu semua berkat pengembangan yang dilakukan oleh engineer Firefox dalam sebuah Project Quantum selama hampir setahun lamanya.

Mozilla mengklaim bahwa Firefox Quantum memiliki kinerja lebih cepat. Karena Firefox Quantum kini memanfaatkan multi-core CPU agar berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Hal tersebut membuat Firefox Quantum ini 2x lebih kencang jika bandingkan dengan versi Firefox sebelumnya. Selain itu, Mozilla juga mengklaim bahwa Firefox Quantum ini 30% lebih hemat penggunaan RAM, sehingga lebih ringan jika dibandingkan dengan browser Google Chrome.

Firefox Quantum

Selain kinerjanya yang jauh lebih kencang, pada Firefox Quantum, Firefox menggunakan tampilan berbasis Project Photon. Dengan desain baru ini membuat tampilan Firefox Quantum menjadi lebih fresh, lebih flat, dan lebih modern. Tampilan Firefox Quantum berbasis Project Photon ini juga lebih responsif di berbagai perangkat.

Baca juga:
Pocket juga dihadirkan di Firefox Quantum. Dengan layanan simpan artikel yang telah diakuisisi Mozilla pada Februari 2017 lalu ini, pengguna bisa menyimpan halaman web dan konten lainnya ke daftar bacaan pribadi untuk dibaca kembali di lain waktu.

Firefox Quantum ini sebenarnya adalah nama lain dari Firefox versi 57. Jadi, bagi kamu pengguna lama Firefox, silahkan update browser Firefox milikmu ke versi terbaru, atau bisa mengunduhnya melalui situs resmi Mozilla disini.