05 August 2017

Inilah Video Penampakan Smartphone Layar "Hologram" Hydrogen One


Hydrogen One

Apa kamu masih ingat dengan smartphone ini? Ya, pada awal bulan lalu perusahaan pembuat kamera digital profesional, RED, telah mengumumkan smartphone pertamanya dengan kemampuan hologram pertama didunia yang bernama Hydrogen One (Baca juga: Hydrogen One, Smartphone dengan Layar "Hologram" Pertama di Dunia). Namun pada saat itu belum ada "wujud asli" dari smartphone keren ini. Dan akhirnya belum lama ini RED memperlihatkan smartphone besutannya itu melalui sebuah video hands-on yang diunggah oleh seorang YouTuber bernama Marques Brownlee.

Smartphone Hydrogen One yang di review oleh Marques Brownlee ini masih berupa prototype. Jadi, perangkat tersebut belum bisa dioperasikan karena biasanya hanya dibuat sebagai contoh desain saja. Tapi kalau menurutku sih prototype dari desain Hydrogen One ini bisa dikatakan sangat keren! Berikut videonya:


Video hands-on tersebut memperlihatkan semua sisi dari Hydrogen One, mulai dari tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor fingerprint, tombol khusus untuk merekam video, pin konektor untuk memasang modul tambahan serta kamera ganda dibagian belakang dan speaker stereo di bagian depan. Smartphone ini juga memiliki body dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari iPhone 7 Plus.

Video tersebut juga memperlihatkan modul tambahan berbentuk mirip smartphone, modul lensa dan sensor gambar, hal tersebut karena memang Hydrogen One mengusung desain modular alias bongkar pasang yang bisa dipasangkan dengan beberapa aksesoris tambahan seperti smartphone seri Moto Z dan Moto Z Play.

Menurut berbagai sumber, layar dari Hydrogen One ini dapat menampilkan konten-konten holographic 4-view atau H4V, 2D/3D Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mixed Reality (MR) dan stereo 3D. Namun sayangnya, Marques tidak memperlihatkan kemampuan holografik dari layar Hydrogen One ini, mungkin karena layarnya masih belum bisa digunakan.

Kabarnya, Hydrogen One akan mulai dipasarkan pada awal 2018 mendatang. Smartphone ini bakal dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni mulai dari USD1195 atau sekitar Rp.16 jutaan. Bagaimana menurutmu?