Android O Developer Preview Resmi Dirilis, Inilah Fitur Terbarunya!


Android O Developer Preview

Meskipun penyebaran Android Nougat masih belum sebanyak Android Lollipop maupun juga Marshmallow, namun Google rupanya telah menyiapkan versi Android berikutnya dengan baru saja resmi merilis Android O Developer Preview untuk para pengembang yang ingin mencoba versi Android teranyar ini sebelum diluncurkannya secara resmi ke publik.

Seperti biasa, Google selalu memberikan nama resmi pada setiap versi Android dengan nama camilan manis, itupun juga yang akan dipakai untuk Android O yang rumornya akan menggunakan nama biskuit "Oreo" sebagai nama resminya. (Baca juga: Oreo Bakal Jadi Nama Android Berikutnya?)

Android O Developer Preview membawa berbagai fitur baru dan peningkatan. Apa saja fitur terbarunya? Yuk! mari disimak:

Pertama, Android O nantinya diklaim bakal lebih hemat baterai. Hal ini berkat adanya fitur Background Limits yang berfungsi untuk membatasi aplikasi yang berjalan di background secara otomatis saat tidak lagi digunakan, sehingga daya tahan baterai menjadi lebih irit dan kinerja smartphone lebih optimal. Pembatasan latar belakang ini merupakan salah satu peningkatan yang signifikan dalam bagaimana sistem operasi Android bekerja, namun fitur ini hanya akan berjalan untuk aplikasi yang dioptimalkan khusus untuk Android O.

Kedua ada fitur Notification Channel, dimana sistem notifikasi mengalami peningkatan pada Android O. Pengguna bisa langsung merespon terhadap notifikasi tanpa masuk kedalam aplikasi. Fitur ini sebelumnya juga telah diterapkan di beberapa aplikasi, seperti WhatsApp. Namun pada Android O, nantinya fungsi tersebut akan berlaku untuk berbagai aplikasi. Selain itu pengguna akan memiliki kontrol penuh atas berbagai jenis notifikasi yang muncul dan menentukan aplikasi mana saja yang dapat menunjukkan notifikasinya.

Pengguna pun dapat menunda notifikasi yang muncul dan akan tampil kembali beberapa menit mendatang. Selain itu, pengguna juga bisa menyetel durasi saat notifikasi muncul hingga hilang. Dan warna latar notifikasi serta gaya tampilan notifikasi juga dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

Ketiga ada fitur Picture-in-Picture (PiP) yang sebelumnya ada di Android TV kini hadir di Android O, fitur ini memungkinkan pengguna menonton video sambil membuka aplikasi lainnya. Fitur PiP juga mendukung kontrol playback dan multi-display yang memungkinkan bisa beralih antar aplikasi dengan cepat.

Keempat ada fitur Autofill API, yang memungkinkan aplikasi manajemen password akan dapat mengisi password secara otomatis di setiap aplikasi yang membutuhkan pengisian password.

Kelima ada fitur Adaptive Icons, dimana pengguna dapat melakukan personalisasi desain tampilan antarmuka Android O dengan mendesain sendiri icon home atau icon launcher aplikasi untuk meluncurkan aplikasi dan icon-icon lainnya yang tentunya telah mendukung modifikasi ini.

Itulah beberapa fitur baru yang ada di Android O Developer Preview. Sebenarnya masih ada lagi fitur lainnya, seperti wide-gamut color untuk aplikasi, Wi-Fi Aware (peralihan otomatis ke Wi-Fi saat tidak terkoneksi dengan jaringan seluler), Font resources in XML, Java 8 Language APIs and runtime optimizations, Keyboard navigation, AAudio API for Pro Audio dan WebView enhancements.

Saat ini Android O Developer Preview sudah tersedia di situs resmi Android Developers dan bisa dicoba di beberapa perangkat Android, seperti Pixel C, Pixel, Pixel XL, Nexus 5X, Nexus 6P serta Nexus Player. Kabarnya, Android O Developer Preview bakal akan dirilis sebanyak 4 tahap.

Yaitu tahap awal (versi Alpha) yang dirilis saat ini, tahap kedua (versi Beta) akan dirilis sekitar bulan Mei 2017, tahap ketiga (persiapan final APIs dan official SDK) akan dirilis sekitar bulan Juni 2017 dan tahap akhir (pengujian akhir) akan dirilis sekitar bulan Juli 2017. Sedangkan Android O versi final akan mulai tersedia untuk semua perangkat Android pada kuartal ke-3 tahun 2017 ini.

Sumber: Android Developers Blog
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »