7 Fakta Menarik Tentang Nokia yang Jarang Diketahui


Nokia

Siapa sih yang tidak mengenal Nokia? Semua pengguna ponsel atau handphone pasti sudah tidak asing lagi dengan vendor ponsel asal Finlandia ini. Yup, Nokia bisa dikatakan sebagai “sang legenda” ponsel ini sempat merajai industri ponsel. Karena dahulu Nokia sangat rajin menciptakan berbagai macam ponsel dengan desain yang unik dan menarik, bahkan beberapa lini featured phone besutannya memiliki daya tahan baterai yang sangat awet.

Namun setelah sekian lama berjaya di industri ponsel, akhirnya pada tahun 2014 lalu, Microsoft secara resmi telah mengakuisisi divisi ponsel Nokia dengan nilai sebesar $7,2 milyar atau sekitar Rp. 96,8 triliun. Karena masih ada perjanjian kontrak antara Nokia dengan Microsoft, Nokia baru bisa memulai kembali ke bisnis ponsel setelah perjanjian kontrak tersebut berakhir pada tahun 2016.

Baca juga:
Bocoran Spesifikasi 'Nokia Pixel' Muncul di Geekbench
Muncul Penampakan Smartphone Nokia D1C, Akan Hadir dengan 3 Pilihan Warna

Dan tahun ini, Nokia sedang bersiap untuk comeback ke pasar smartphone dengan mengembangkan beberapa smartphone berbasis Android. Kabarnya, smartphone Android terbaru Nokia ini akan diperkenalkan di ajang MWC (Mobile World Congress) pada tahun 2017 nanti. Nah, untuk menyambut comeback,nya “sang legenda” ponsel ini, kali ini aku akan berbagi 7 fakta menarik tentang Nokia yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya. Langsung saja yuk disimak:

#1. Nama Nokia Berasal dari Nama Sungai

Nokianvirta

Terbentuknya nama Nokia pertama kali terinspirasi dari sebuah nama sungai di Finlandia yang bernama Nokianvirta. Kata Nokia sendiri memiliki arti Jelaga, yaitu sebuah butiran-butiran arang yang halus. Selain itu, nama Nokia juga digunakan sebagai nama kota di Finlandia.

#2. Dahulu adalah Perusahaan Kertas, Karet dan Kabel

Nokia

Didirikan pada tahun 1865 di Tampere, Finlandia, oleh seorang insinyur pertambangan bernama Fredrik Idestam, ternyata Nokia dahulu berawal dari perusahaan pengolahan kertas. Setelah tidak lama berselang, Nokia kemudian terlibat dalam kerjasama dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cabble Works. Dalam kerjasamanya tersebut, perusahaan ini memproduksi sepatu karet dan kabel. Dan akhirnya pada tahun 1967, Nokia mulai terjun ke bisnis ponsel.

#3. Pionir Telepon Seluler

Harri Holkeri

Jaringan GSM komersial pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 di Helsinki, Finlandia. Kemudian digunakan oleh Harri Holkeri yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Finlandia dan menggunakan ponsel Nokia. Sedangkan telepon satelit pertama kali digunakan pada tahun 1994, tentunya dengan menggunakan perangkat Nokia juga.

#4. Produsen Ponsel Terlaris Sepanjang Sejarah

Nokia

Pada tahun 2005, Nokia dinobatkan sebagai produsen ponsel terlaris sepanjang sejarah. Prestasi tersebut dicapai karena seri ponsel Nokia 1110 berhasil terjual sebanyak 250 juta unit di seluruh dunia. Kemudian disusul oleh seri Nokia 1200 dan Nokia 3210 yang terjual sebanyak 150 juta unit. Serta Nokia 3310 yang terjual sebanyak 136 juta unit. Ini menjadi bukti seberapa jaya nya Nokia di zaman dahulu.

#5. Memiliki Nada Dering yang Khas

Nokia tune

“tenonenonenet”, setidaknya seperti itu jika nada dering Nokia ditulis, hehehe... XD. Ya, Nokia memiliki nada dering yang khas pada ponselnya. Sebenarnya, nada dering dari ponsel Nokia ini berasal dari lagu Gran Vals yang dibawakan oleh musisi asal Spanyol bernama Francisco Tarrega. Dan pada tahun 1998 nada dering dari Gran Vals tersebut resmi diganti namanya menjadi “Nokia Tune” agar para pengguna ponsel Nokia bisa dengan mudah mengingat nama nada dering tersebut.

#6. Dikenal Sebagai Manufaktur Kamera Digital Terbesar di Dunia

Nokia N95

Jika kita lihat, hampir sebagian besar seri ponsel buatan Nokia sudah menggunakan modul kamera. Dan tahukah kamu? Bahwa kamera pada ponsel Nokia tersebut telah digunakan oleh lebih dari 4 bilyun orang orang di seluruh dunia. Sejak tahun 2008, Nokia berhasil menjadi manufaktur kamera digital paling besar di dunia.

#7. Tidak Ada Ponsel Seri dengan Awalan 4 yang Dirilis Beberapa Negara di Asia

Mitos angka 4

Nokia sangat menghargai kebudayaan di beberapa wilayah di Asia seperti di China dan Jepang. Hal tersebut terbukti dengan tidak dirilisnya seri ponsel dengan awalan angka 4 di kedua negara tersebut. Karena angka 4 dianggap sebagai “angka ketidakberuntungan” bagi masyarakat setempat.

Itulah 7 fakta menarik tentang Nokia. Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan fakta apa saja dibalik kesuksesan vendor ponsel yang terkenal dengan logo “tangan yang saling berjabatan” ini. So, tetap stay tune di Indra's Blog untuk berbagai fakta unik dan menarik lainnya. ;)

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »