Google Allo Resmi Dirilis, Aplikasi Messaging dengan Asisten yang Cerdas



Setelah sebelumnya diluncurkan di beberapa negara pada Rabu lalu (21/9/2016), akhirnya aplikasi messaging baru buatan Google yang bernama Google Allo kini dirilis di Indonesia dan sudah bisa di download melalui Google Play Store.

Google Allo memiliki tampilan antar muka yang mirip dengan WhatsApp, diantaranya seperti icon foto profil berbentuk lingkaran, akses ke kontak, hingga tanda centang satu atau dua pada chatting yang menjadi tanda pesan terkirim atau dibaca. Cara mendaftarnya pun juga sama seperti di WhatsApp, saat kamu pertama kali membuka aplikasi Google Allo, kamu akan diminta mendaftar dengan memasukkan nomor telepon dan selanjutnya memasukkan kode konfirmasi yang dikirimkan via SMS.

Baca juga: Google Merilis Duo, Aplikasi Video Call Baru untuk Android dan iOS

Google Allo akan memberikan pengalaman chatting yang berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, karena Google Allo telah dilengkapi dengan fitur chatbot dari program Google Assistant, mirip seperti asisten virtual Siri di perangkat Apple. Google Assistant bekerja di tiga fitur utama chatting Allo, yaitu chatting personal, chatting grup dan chatting dengan Google Assistant.

Google Allo

Google Assistant dapat membantu menjawab pesan dari orang lain. Seperti misalnya saat kita mengetikkan kata “Hello”, dan kita menerima balasan “Hello” dari teman kita. Maka Google Assistant akan menyarankan jawaban lain yang paling sering digunakan, seperti “How are you?”. Selain itu, Google Assistant juga dapat memberikan semua informasi yang ada di internet. Seperti berita, informasi cuaca, mencari lokasi hotel dan restoran terdekat ataupun informasi yang lainnya. Hal ini karena Google Allo juga dilengkapi dengan fitur built-in search.

Untuk menggunakan fitur built-in search di Google Allo juga mudah, kamu cukup mengetikkan @google diikuti oleh apa yang ingin kamu cari dan Google akan menampilkan hasil pencarian dari web. Kamu juga bisa memerintahkan Google Assistant di Allo untuk menampilkan daftar e-mail yang masuk, daftar agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yang ada di akun Google kamu.

Satu lagi ftur lain yang menjadi andalan Google Allo adalah fitur Smart Reply. Dengan fitur ini, maka pengguna dapat membalas pesan hanya sekali sentuh. Misalnya, jika ada teman mengirim sebuah foto makanan pizza, maka Smart Reply akan mengidentifikasinya dan memberikan jawaban yang relevan. Seperti “yummy” atau “I love pizza”, tentunya hal ini didasarkan pada kebiasaan pengguna dalam menanggapi pesan.

Namun, berbeda dengan WhatsApp yang telah menerapkan metode enkripsi end-to-end sebagai perlindungan dasar privasi penggunanya, enkripsi di Google Allo hanya bisa diaktifkan jika pengguna masuk dalam modus "incognito.". Tentunya ini akan menjadi salah satu kekurangan di Google Allo, mengingat privasi pengguna itu sangat penting.

Bagaimana? Tertarik mencoba "kecerdasan" yang dimiliki Google Assistant di Google Allo ini?
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »