Skip to main content

Mengenalkan Makanan Sehat Pada Anak Lewat Game di Culinary Schools

fruit game Culinary Schools

Mengenalkan makanan sehat pada anak merupakan tantangan yang dihadapi oleh banyak orang tua, terutama mengenalkan sayur dan buah kepada anak. Sebab saat ini, anak-anak cenderung lebih tertarik pada makanan cepat saji dan camilan manis yang kurang bergizi.

Anak-anak usia 2 sampai 5 tahunan adalah masa pertumbuhan yang harus diperhatikan. Dimana masa-masa ini sel saraf, otak, dan fungsi kognitif pada anak tengah berkembang pesat. Maka dari itu, penting bagi orang tua mengenalkan dan memberikan makanan sehat pada anak, seperti sayur dan buah karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal.

Namun, mengenalkan makanan sehat pada anak bukanlah hal yang mudah. Tapi tenang, masih ada solusi yang mudah dan menyenangkan untuk membuat mereka lebih tertarik pada makanan sehat, salah satunya yaitu dengan bermain game.

Manfaat Mengenalkan Makanan Sehat Pada Anak Lewat Game

Anak-anak usia balita biasanya suka belajar dari hal-hal yang memiliki visualisasi yang menarik, interaktif dan menyenangkan, seperti yang ada di game. Oleh karena itu, berikut ini beberapa manfaat edukasi makanan sehat pada anak lewat bermain game:

1. Dapat Mengenali Bentuk dan Warna Makanan

Bermain game makanan dapat membantu anak lebih mudah mengenali bentuk dan warna dari sayur dan buah. Selain itu, anak bisa membedakan antara buah-buahan, sayuran, serta berbagai makanan lainnya berdasarkan bentuk dan warnanya. Edukasi makanan lewat game ini juga meningkatkan kemampuan daya visual anak sejak dini.

2. Dapat Melatih Daya Ingat

Saat bermain game, anak-anak cenderung mengikuti apa yang diucapkan dalam game. Jadi secara tidak langsung, anak akan terus berlatih mengingat nama makanan serta ciri-cirinya melalui bentuk dan warna yang dilihatnya. Dengan begitu, maka anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif mereka secara menyeluruh.

3. Dapat Mengetahui Manfaat Makanan Sehat untuk Tubuh

Mengenalkan makanan sehat pada anak lewat game juga sangat membantu anak lebih mudah mengetahui manfaat yang terkandung dalam makanan sehat, terutama sayur dan buah untuk tubuh. Seperti misalnya sayuran hijau yang kaya akan serat, atau buah-buahan yang kaya akan vitamin. Dengan begitu maka anak dapat memahami pentingnya nutrisi untuk tubuh.

Rekomendasi Game Makanan Sehat di Culinary Schools

Culinary Schools adalah website game online interaktif yang dirancang untuk memperkenalkan anak pada makanan. Melalui website ini, anak-anak bisa belajar banyak hal tentang makanan dari game, salah satunya yaitu mengenal berbagai jenis makanan sehat, seperti sayur dan buah. Berikut beberapa rekomendasi game di Culinary Schools tentang makanan sehat yang cukup seru untuk dimainkan.

1. Fruit Fit

Fruit Fit Culinary Schools

Fruit Fit merupakan game pembelajaran tentang nama buah-buahan. Di game ini terdapat dua mode permainan yang bisa dipilih, yaitu Learn Fruits dan Guessing the Fruits.

Di mode Learn Fruits, anak-anak bisa melihat gambar buah-buahan lengkap dengan nama buah dibawahnya. Jika salah satu gambar buah dipilih, maka akan mengeluarkan audio yang menyebutkan nama buah tersebut.

Sedangkan di mode Guessing The Fruits, anak-anak akan disuruh menebak salah satu gambar buah yang benar. Menariknya, nama-nama buah di mode ini diambil dari mode learn fruits. Jadi secara tidak langsung, game di Culinary Schools ini akan melatih kemampuan daya ingat anak.

2. Fruit Quiz

Fruit Quiz Culinary Schools

Fruit Quiz memiliki gameplay yang cukup sederhana, dimana game ini akan melatih anak untuk menjawab dengan cepat dan tepat dari berbagai bentuk buah yang ditampilkan. Setiap pertanyaan akan diberikan waktu terbatas sehingga melatih anak untuk berpikir cepat, tepat dan dapat memanajemen waktu dengan efisien.

3. Veggie Friends

Veggie Friends Culinary Schools

Game di Culinary Schools selanjutnya adalah Veggie Friends. Game ini akan mengenalkan anak tentang berbagai nama dan bentuk sayuran. Ada dua mode yang bisa dipilih, yaitu, Learn About Vegetable dan Match the Game.

Pada mode Learn about Vegetable, anak-anak akan diperkenalkan bentuk dan warna pada sayuran. Lalu jika salah satu gambar sayuran dipilih, akan muncul informasi seputar kandungan gizi dari sayur tersebut dan manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsinya. Kemudian pada mode Match the Game, anak-anak diajak untuk memasang mata, tangan, kaki, dan bagian lain pada sayuran sehingga menjadi sebuah karakter sayuran yang lucu.

4. Can I Eat It

Can I Eat It Culinary Schools

Pada anak usia 2 - 3 tahunan biasanya suka memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Tentunya ini akan berbahaya jika benda tersebut memiliki bentuk yang tajam. Oleh karena itu, di game Can I Eat It ini mengajarkan anak tentang makanan yang boleh dimakan dan tidak.

Di game ini, anak-anak dilatih untuk memilih antara pilihan "Yes" atau "No" untuk makanan atau benda apapun yang dipegang oleh seorang anak perempuan, mulai dari buah-buahan, sayuran, kue, es krim, gelas, garpu, baterai, batu, serangga dan lainnya. Terdapat pula batas waktu memilih agar dapat melatih anak berpikir cepat dan tepat.

Namun saat memainkan game ini, disarankan orang tua untuk mendampingi anak agar mereka dapat membedakan dengan benar makanan yang boleh dimakan dan tidak.

Nah itulah beberapa game edukasi yang efektif untuk mengenalkan makanan sehat pada anak. Game tidak hanya membuat belajar menjadi menyenangkan, tetapi juga membantu anak-anak memahami pentingnya makanan sehat melalui interaksi dan pengalaman langsung.

Dan selain beberapa game diatas, masih banyak lagi game edukasi makanan lainnya yang bisa dicoba secara gratis. Jadi silakan kunjungi website Culinary Schools dan mainkan game edukasi makanan bersama anak-anak.

Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.