Skip to main content

7 Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone

membuat video menarik dengan smartphone
Membuat video dengan smartphone (image: freepik.com)

Sejak berkembangnya platform berbagi video, seperti TikTok, Facebook, Instagram, hingga YouTube, banyak orang mulai membuat berbagai konten video menarik dengan smartphone mereka karena lebih praktis daripada menggunakan camcorder atau handycam.

Namun, sama halnya dalam seni apapun, menarik atau tidaknya sebuah video tidak hanya tergantung pada perangkat yang kamu gunakan, tetapi juga pada kreativitasmu dalam memanfaatkannya.

Tips Membuat Video Menarik dengan Smartphone

Untuk menghasilkan sebuah video yang berkualitas dan menarik penonton, tentunya kamu perlu memperhatikan beberapa tips membuat video yang menarik dengan smartphone berikut ini.

1. Kenali Kemampuan Smartphone

Tips membuat video menarik dengan smartphone yang pertama adalah kenali dahulu kemampuan fotografi pada smartphonemu. Tentu hal ini sangat penting, sebab tidak semua smartphone dibekali dengan spesifikasi kamera yang sama.

Sebagai contoh, meski smartphone dapat merekam di resolusi 4K, tentunya hasil rekaman video 4K bisa berbeda-beda kualitasnya antar smartphone meski sama-sama dapat merekam 4K. Hal tersebut tentunya disebabkan beberapa faktor, seperti jenis sensor kamera, lensa kamera hingga proses yang dihasilkan oleh hardware dan software.

2. Kenali Platform Media Sosial

Seperti yang kita tahu, saat ini ada banyak sekali platform media sosial yang bisa kita gunakan untuk membagikan kreasi video kita, seperti TikTok, Instagram, Facebook, hingga YouTube. Tapi tiap platform memiliki beberapa ketentuan sendiri dalam mengupload video.

Seperti contohnya, di Instagram Stories yang mengizinkan penggunanya mengupload video selama 59 detik, atau di YouTube Shorts menggunakan format video vertikal (16:9) dengan durasi video maksimal 1 menit. Jadi, kamu perlu membuat rencana dahulu dimana kamu akan membagikan video kreasimu.

3. Rencanakan dengan Matang

Tips membuat video menarik dengan smartphone yang ketiga adalah mulai membuat rencana dengan matang. Ini penting, agar alur cerita dalam video buatanmu nyaman untuk ditonton. Dalam perencanaan ini, ada tiga bagian yang perlu diperhatikan.

Pertama, menentukan topik yang menarik atau yang sedang hangat dibicarakam. Kedua, fokus pada alur cerita yang relevan dengan topik yang ditentukan. Dan ketiga, cari berbagai objek pendukung dalam video. Selain itu, perhatikan pula pengambilan sudut gambar yang menarik sehingga membuat penonton tertarik menontonnya.

4. Siapkan Perlengkapan Tambahan

Smartphone memang dapat digunakan untuk merekam video secara spontan hanya dengan tangan. Tapi, hasil video dapat lebih maksimal apabila turut didukung perlengkapan tambahan.

Beberapa rekomendasi perlengkapan tambahan untuk merekam video dengan smartphone yaitu dengan gimbal stabilizer portable yang bisa digunakan mengstabilkan smartphone dari guncangan saat merekam video, atau tripod jika kamu merekam video hanya di satu tempat dalam waktu yang lama. Selain itu ada pula microfon eksternal untuk meningkatkan kualitas audio dalam rekaman.

5. Perhatikan Komposisi Gambar

Komposisi gambar atau framing yang tepat akan membuat video nyaman ditonton. Misalnya usahakan jangan di pinggir frame saat menghadap kamera agar tidak meninggalkan area kosong yang mengganggu pandangan.

Selain itu, perhatikan pula apakah foreground dan background sudah sesuai dengan objek di dalam frame video. Misalnya, sebaiknya hindari terlalu banyak warna atau corak di latar belakang dan latar depan supaya tidak mengalihkan perhatian penonton.

6. Edit Video Agar Lebih Menarik

Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

Tips membuat video menarik dengan smartphone yang terakhir adalah melakukan proses editing pada video yang telah dibuat. Proses editing ini merupakan proses akhir yang konten kreator penting untuk dilakukan agar hasil akhir video dapat lebih menarik. Oleh karena itu, sangat disarankan agar konten kreator dapat memaksimalkan video yang dibuatnya melalui proses editing ini.

Untuk melakukan proses editing video ini, selain melalui aplikasi editing video dari PC, kamu pun juga dapat mengedit video langsung melalui smartphone. Dan untuk pengguna smartphone Android, ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar, diantaranya ada CapCut, KineMaster, Adobe Premiere Rush, PowerDirector dan masih banyak lagi aplikasi editing video yang bagus lainnya.

Baca juga:

Dalam proses editing video ini, tentunya ada beberapa aspek dalam video yang bisa diperkaya lewat kreativitas konten kreator, seperti transisi perpindahan gambar, pemilihan musik latar belakang, hingga beberapa elemen menarik seperti infografis dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa tips membuat video menarik dengan smartphone yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti tips di atas dan mengeksplorasi kreativitasmu, kamu bisa membuat video yang menarik dan memikat dengan smartphonemu sendiri.

Perlu diketahui, bahwa kualitas sebuah video tidak hanya tergantung pada perangkat yang kamu gunakan, tetapi juga pada kemampuanmu untuk mengambil gambar, mengedit, dan menyampaikan cerita dengan baik.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.