Skip to main content

7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android untuk Content Creator

Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

Meningkatnya popularitas platform berbagi video seperti TikTok, Instagram, hingga YouTube membuat orang berlomba untuk menjadi konten kreator. Hal ini yang menjadikan aplikasi edit video memiliki peran penting dalam pembuatan video atau konten untuk bisa dinikmati.

Dan saat ini mengedit video tidak hanya dapat dilakukan di PC saja, tapi kini bisa juga melalui smartphone, seperti di Android yang membuatnya lebih praktis. Di Google Play store sendiri, ada banyak pilihan aplikasi edit video Android yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten yang menarik.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Android

Nah jika kamu masih bingung memilihnya, berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik di Android yang dapat kamu download secara gratis.

1. CapCut

aplikasi edit video Android

Siapa yang nggak tahu aplikasi edit video terbaik di Android satu ini? Ya, CapCut belakangan tengah banyak digunakan oleh para konten kreator di TikTok. Sebab, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing video yang cukup lengkap, seperti koleksi template, filter, musik, dukungan slow-motion, dan masih banyak lagi.

Menariknya, CapCut terintegrasi langsung dengan akun TikTok dimana pengguna dapat menyinkronkan draft editing di akun cloud. CapCut menjadi aplikasi edit video yang simpel bagi pemula yang baru terjun ke dunia konten kreator.

2. InShot

InShot menjadi rekomendasi aplikasi edit video di Android selanjutnya yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka sederhana namun memiliki fitur editing video yang cukup lengkap, mulai dari memotong video, menggabungkan video, menyisipkan efek musik dan transisi, dukungan stiker dan masih banyak lagi.

Sayangnya untuk versi gratisnya, terdapat watermark dalam video dan iklan yang muncul saat editing, namun kamu masih dapat menghilangkan watermark tersebut dengan menonton iklannya. Dan jika kamu menginginkan tanpa watermark dan iklan serta tambahan beberapa fitur, kamu dapat berlangganan per bulan atau per tahun dengan biaya yang cukup terjangkau.

3. KineMaster

Selanjutnya ada KineMaster yang juga aplikasi edit video di Android paling populer dan digunakan banyak orang dalam mengedit video. KineMaster juga dibekali dengan fitur editing yang cukup mumpuni, seperti filter audio, chroma key, blending mode, voice over, music background, multiple layers video, gambar, hingga teks dan berbagai fitur lainnya.

KineMaster dapat digunakan secara gratis, selain itu aplikasi edit video ini juga bisa diakses secara berbayar dengan menawarkan hasil editing video tanpa watermark.

4. VivaVideo

Sama seperti InShot, VivaVideo juga memiliki antarmuka yang sederhana. Aplikasi ini memiliki semua fitur dasar editing video, ditambah dengan fitur pendukung lainnya seperti koleksi template siap pakai, efek video, menyisipkan foto, musik dan video, dan fitur lainnya.

5. Adobe Premiere Rush

aplikasi edit video

Aplikasi edit video di Android terbaik kelima ada Adobe Premiere Rush. Aplikasi besutan Adobe ini hadir dengan banyak fitur menarik, termasuk timeline multi-track, sinkronisasi cloud dan beberapa tools untuk dit video yang lebih profesional. Selain itu, ada pula fitur pengaturan audio canggih bernama Adobe Sense AI dan dukungan ekspor video dengan kualitas 4K.

6. PowerDirector

PowerDirector menjadi aplikasi edit video di Android yang sangat cocok untuk pengguna yang ingin belajar edit video menjadi profesional dengan menghadirkan ribuan banyak efek yang dapat digunakan secara gratis.

Sedangkan fitur unggulan aplikasi edit video ini diataranya video color editor seperti brightness, contrast, dan saturation,serta fitur editing umum, seperti trim dan crop video, rotate video, dan slow motion video. Menariknya, video yang dihasilkan oleh PowerDirector ini tanpa disertai watermark.

7. Filmora: Editor & Pembuat Video

Aplikasi edit video di Android terbaik yang terakhir ada Filmora: Editor & Pembuat Video. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka intuitif untuk kelola beberapa timeline. Aplikasi ini juga mendukung beberapa fitur editing canggih, seperti AI Smart Cutout untuk menghapus bagian video yang tidak diinginkan, Curve Shifting untuk mengatur kecepatan video, chroma key, efek transisi dan masih banyak lagi.

Filmora juga menyediakan ribuan template siap pakai untuk konten Instagram Reels, TikTok dan YouTube.

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik di Android untuk mendukung kamu dalam membuat berbagai konten menarik di sosial media. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.