Skip to main content

Top 5 Rekomendasi Aplikasi Bulk WhatsApp Sender 2024

Aplikasi Bulk WhatsApp Sender
Aplikasi WhatsApp (Image: pexels.com)

Pernahkah kamu menerima pesan promosi melalui WhatsApp? Pesan tersebut merupakan bagian dari strategi pemasaran digital yang sedang banyak digunakan saat ini. Namun, apakah pesan-pesan tersebut dikirim satu persatu ke nomor WhatsApp kita? Tentu saja tidak, pemilik bisnis harus menggunakan aplikasi bulk WhatsApp yang dapat mengirimkan pesan ke banyak nomor secara bersamaan.

Software yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi ini adalah WhatsApp CRM. Software tersebut disediakan oleh penyedia solusi bisnis (BSP) yang secara resmi bekerja sama dengan WhatsApp.

Platform BSP ini umumnya ditujukan untuk bisnis menengah hingga ke atas dengan jumlah konsumen yang mencapai ratusan bahkan ratusan ribu. Dengan mengintegrasikan WhatsApp Business API ke dalam platform BSP, bisnis dapat dengan mudah mengelola hubungannya dengan pelanggan secara efisien dan efektif.

5 Aplikasi Bulk Sender Partner Resmi WhatsApp

Berikut ini lima aplikasi BSP yang berpartner secara resmi dengan WhatsApp Business

1. Kommo

Kommo merupakan salah satu penyedia solusi bisnis yang menyediakan aplikasi bulk sender melalui aplikasi WhatsApp. Produk mereka, channel WhatsApp CRM (Customer Relationship Management), merupakan aplikasi yang menerapkan pipeline CRM. Pipeline dapat diatur sesuai fungsi bisnis, misalnya seperti sales, marketing atau layanan bantuan konsumen.

Dengan fitur pipeline tersebut, pemilik bisnis dapat mengirimkan pesan siaran sesuai dengan filter yang telah diatur. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan beberapa partner ahli yang berperan sebagai integrator antara bisnis dengan Kommo.

Selain itu, Kommo juga menawarkan fitur lain yang memudahkan proses bisnis, seperti: aplikasi mobile yang terintegrasi dengan tampilan desktop, salesbot, dan unified inbox.

2. Barantum

Barantum merupakan startup penyedia CRM asal Indonesia. Produk mereka berfokus pada produktivitas proses bisnis terutama pada divisi marketing, sales, dan administrasi. Mereka menawarkan integrasi WhatsApp Business API dengan CRM guna meningkatkan interaksi dan penjualan.

Dengan konsultasi bisnis dan fitur yang mereka sediakan, kamu dapat mencari tahu lebih dalam mengenai kebutuhan bisnis kamu. Fitur WhatsApp blast yang dimiliki Barantum, dapat menjadi solusi untuk mengirimkan pesan kampanye dalam satu klik saja.

3. Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan rekomendasi aplikasi bulk sender ketiga asal Indonesia yang menyediakan layanan bulk WhatsApp sender. Aplikasi ini juga menyediakan CRM omnichannel berbasis cloud yang mampu mempercepat penjualan dan layanan pelanggan.

Fokus mereka mengintegrasikan omnichannel dengan sistem CRM, dan mengoptimalkan penggunaan WhatsApp business API. Selain itu, mereka juga menyediakan fitur otomatisasi pesan atau chatbot yang berguna untuk layanan pelanggan. Selain itu, Aplikasi Mekari Qontak juga menyediakan konsultasi gratis bagi pengguna mereka untuk menanyakan solusi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Ivosights

Ivosights merupakan penyedia solusi bisnis lokal yang juga berasal dari Indonesia. Dengan berbasis teknologi informasi, mereka menyediakan solusi end-to-end kepada pemilik bisnis dalam mengelola hubungan interaksi dengan pelanggan. Sama dengan ketiga aplikasi sebelumnya, ivosights juga menyediakan integrasi WhatsApp yang dapat mengirimkan pesan broadcast dalam jumlah banyak.

Selain, pesan siaran, ivosights juga menawarkan jumlah akses admin atau agen yang unlimited. Hal ini memudahkan tim pemasaran maupun penjualan untuk mengakses satu akun yang sama melalui device yang berbeda. Dengan proses registrasi yang lengkap, ivosights menyediakan layanan WhatsApp business API resmi yang aman.

5. Wati.io

Wati.io merupakan aplikasi bulk sender kelima yang secara resmi bekerja sama dengan WhatsApp. Aplikasi ini memfokuskan visi misi mereka untuk membantu perusahaan kecil dan menengah untuk mengelola hubungan pelanggan. Perusahaan asal hongkong ini menawarkan layanannya di Indonesia secara inklusif.

Tidak hanya mengelola pesan siaran kampanye secara masal, Wati juga menawarkan pesan terjadwal untuk menyebarkan pesan siaran sesuai waktu yang diinginkan. Dengan demikian proses pemasaran melalui WhatsApp bisa menjadi lebih efisien.

Memilih Aplikasi Bisnis yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih aplikasi untuk menunjang bisnis, dibutuhkan ketelitian serta pertimbangan yang panjang. Karena hal ini menyangkut data pelanggan, perusahaan harus bertanggung jawab dalam menjaga keamanan data pelanggan. Sehingga kepercayaan pelanggan dapat terjaga bahkan semakin meningkat.

Beberapa hal ini mungkin dapat menjadi pertimbangan bagi pemilik bisnis pemula dalam memilih aplikasi guna menunjang proses bisnis:

  • Memilih aplikasi penunjang bisnis yang menjelaskan secara rinci mengenai keamanan data pelanggan, jadikan level keamanan menjadi tolok ukur dalam memilih aplikasi.
  • Hindari menggunakan aplikasi bulk WhatsApp ilegal, meskipun kebanyakan aplikasi tersebut gratis namun tidak ada jaminan keamanan data pelanggan. Sehingga untuk menjaga kepercayaan pelanggan pilihlah aplikasi penunjang bisnis yang terpercaya.
  • Memilih aplikasi yang secara resmi bekerjasama dengan WhatsApp, sehingga proses integrasi WhatsApp dengan CRM dapat terjamin latar belakang hukumnya.

Selain keamanan data, pastikan pula apakah aplikasi solusi bisnis yang kamu gunakan mampu mencakup seluruh kebutuhan bisnis kamu. Sehingga dana yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia dan integrasi WhatsApp yang dilakukan dapat mengoptimalkan kinerja proses bisnis kamu.

Dalam era digital yang terus berkembang seperti saat ini, aplikasi Bulk WhatsApp Sender menjadi salah satu alat yang sangat berguna dalam mengelola komunikasi massal melalui platform WhatsApp.

Dari kelima aplikasi diatas, dapat disimpulkan bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Namun demikian, penting untuk selalu memperhatikan kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan WhatsApp agar tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Dengan memilih aplikasi yang sesuai dan memanfaatkannya secara bijak, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan komunikasi massal melalui platform WhatsApp.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.