Skip to main content

9 Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Agar Lebih Produktif

malas bekerja
Malas bekerja (image: freepik.com)

Kamu tentu pernah merasakan rasa malas bekerja, bukan? Kadang-kadang, kita merasa sulit untuk mendapatkan motivasi dan energi yang dibutuhkan untuk memulai atau menyelesaikan pekerjaan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa malas bekerja?

Biasanya, rasa malas bekerja ini timbul karena pekerjaan yang terlalu membosankan, terlalu sulit, atau mungkin hanya merasa lelah secara keseluruhan. Kebiasaan yang kurang baik ini tentunya akan menghambat produktivitas hingga mungkin akan melewatkan kesempatan yang berharga.

Dampak Buruk Rasa Malas Bekerja

Rasa malas bekerja sebenarnya merupakan hal yang wajar untuk seorang manusia. Meskipun begitu, rasa malas yang berlarut bisa menjadi musuh tersembunyi yang sewaktu-waktu menghampiri setiap orang dan akan menimbulkan beberapa dampak buruk, diantaranya:

  • Menurunnya produktivitas
  • Menurunnya kreativitas dan inovasi
  • Mengganggu kualitas kinerja
  • Menumpuknya pekerjaan
  • Menghambat pencapaian tujuan
  • Pekerjaan tidak maksimal
  • Memberikan pengaruh negatif di lingkungan kerja
  • Merusak reputasi individu di tempat kerja
  • Melewatkan kesempatan berharga

9 Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Rasa malas bekerja tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebisa mungkin diri kita untuk melawan rasa malas agar dapat lebih produktif kedepannya. Dikutip dari laman Telkom Indonesia, berikut ini 9 cara menghilangkan rasa malas bekerja:

1. Tentukan Tujuan yang Ingin Dicapai

Hal pertama untuk cara menghilangkan rasa malas bekerja adalah dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai, baik itu tentang karier, finansial, ataupun kebahagiaan pribadi. Tetapi penting untuk tidak memaksakan diri untuk mencapai tujuan yang terlalu besar, sebab hal tersebut dapat mengakibatkan kehilangan minat hingga motivasimu karena jika realita tidak sesuai dengan apa yang kamu lakukan.

Oleh karena itu, cobalah untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil dan realistis yang mudah dicapai dalam waktu yang lebih singkat. Dengan begitu, kamu dapat termotivasi untuk mengerjakan langkah-langkah kecil menuju tujuan yang lebih realistis tersebut.

2. Tumbuhkan Motivasi

motivasi diri
Motivasi diri (image: freepik.com)

Saat kamu telah menetapkan tujuan tertentu, maka penting untuk mengingat hal yang perlu dilakukan agar mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, maka kamu dapat kembali termotivasi dan semangat kembali dalam bekerja.

3. Membuat Daftar Rencana Harian

Membuat daftar rencana harian bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa malas bekerja yang cukup efektif. Kamu bisa membuat daftar aktivitas yang perlu kamu kerjakan dalam sehari. Kemudian kamu bisa mengatur skala prioritas dari daftar pekerjaanmu, mulai dari yang perlu untuk segera dikerjakan hingga yang kurang penting dikerjakan.

Dengan begitu, kamu dapat mengatur waktu dan energimu dengan lebih efisien sehingga kegiatanmu menjadi lebih terstruktur dan produktif.

4. Terapkan Aturan “Dua Menit”

Aturan “Dua Menit” ini artinya ketika sebuah pekerjaan dapat kamu selesaikan kurang dari 2 menit, maka lakukan langsung kerjaan tersebut. Seperti contohnya, mengecek jadwal harian, atau sekedar menandai pekerjaan yang telah selesai sebelumnya.

Dengan melakukan aktivitas sederhana tersebut, kamu telah menggunakan waktu dengan hal yang bermanfaat daripada membuang-buang waktu karena malas bekerja. Selain itu, aturan “Dua Menit” ini juga cukup efektif untuk mengawali aktivitasmu.

5. Hindari Segala Gangguan

Distraksi atau gangguan adalah penyebab utama menurunnya produktivitas dan bisa menjadi alasan menunda-nunda pekerjaan. Gangguan ini bisa berasal dari berbagai sumber, baik itu lingkungan yang kurang nyaman atau berbagai benda di sekitarmu.

Misalnya, jika lingkungan sekitarmu terlalu berisik, cobalah pindah ke tempat yang lebih tenang. Atau jika notifikasi ponselmu sering berdering, cobalah untuk matikan nada dering ponselmu saat kamu sedang bekerja. Menghindari gangguan menjadi cara menghilangkan rasa malas bekerja yang sangat efektif karena akan membantumu tetap fokus pada pekerjaan.

6. Minta Saran Dari Orang Terdekat

Rasa malas bekerja terkadang membuat seseorang merasa sulit untuk memulai aktivitas atau merasa terbebani dengan tujuannya. Jika kamu merasa sering malas akhir-akhir ini, cobalah untuk berbicara dengan teman atau orang terdekat tentang kondisimu. Meminta saran dari seseorang dapat mengubah pandangan baru dalam hidupmu dan dapat membantumu mengatasi rasa malas.

7. Berbicaralah Kepada Diri Sendiri

Sama seperti menumbuhkan kembali motivasi, berbicara kepada diri sendiri juga termasuk salah satu cara menghilangkan rasa malas bekerja yang efektif. Alih-alih mengeluh dengan pekerjaan yang dilakukan, seperti, “Ahh males, nggak mungkin aku bisa menyelesaikan ini” maka kamu bisa menggantinya dengan “Aku bisa menyelesaikan secepatnya”.

8. Bangun Kebiasaan yang Baik

Membangun kebiasaan yang baik bisa menjadi cara menghilangkan rasa malas bekerja secara berkelanjutan. Kamu bisa mulai dengan rutinitas harian yang sehat, seperti olahraga teratur, pola makan yang baik, hingga waktu tidur yang cukup.

Selain itu, kamu bisa menggunakan waktu-waktu dimana kamu merasa paling produktif dan bersemangat dengan memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan.

9. Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Kamu dapat memberikan hadiah pada dirimu sendiri saat kamu mencapai target atau menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Ini bisa berupa waktu luang untuk bersantai, membeli sesuatu yang kamu inginkan, atau sekedar menjalankan hobi.

Dengan begitu, maka kamu dapat memotivasi diri sendiri dengan lebih semangat dan lebih fokus kembali dalam bekerja.

Kesimpulan

Mengatasi rasa malas bekerja memang tidak mudah, tetapi dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu dapat membangun kebiasaan baru dan mencapai tingkat produktivitas yang lebih baik. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada dirimu sendiri setiap kali berhasil mengatasi rasa malas dan mencapai tujuanmu. Selamat mencoba!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.