Skip to main content

Tips Kembangkan Profit Bisnis melalui Investasi Reksadana

Investasi Reksadana
image: pexels.com

Tidak hanya keuangan pribadi, sebagian profit bisnis juga perlu diinvestasikan. Mengapa harus demikian? Melalui investasi kamu dapat mengembangkan keuntungan bisnis untuk dijadikan sebagai dana cadangan atau modal tambahan.

Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) merupakan salah satu investasi yang tepat untuk mengembangkan profit bisnis. Ini karena RDPT dapat dicairkan sewaktu-waktu saat bisnis sedang membutuhkan suntikan dana.

Selain itu potensi keuntungannya juga tergolong stabil, sehingga lebih aman untuk menyimpan dana darurat bisnis. Melalui investasi kamu dapat segera mewujudkan tujuan bisnis dengan mudah, misalnya membuka cabang baru, menambah aset bisnis, dan lainnya.

Tips Mengembangkan Profit agar Bisnis Terus Berkembang

Apakah kamu tahu perbedaan omset dan profit? Sebagian orang banyak yang salah dalam mengartikan dua istilah tersebut. Walaupun berkaitan erat, omset dan profit mempunyai makna yang berbeda. Mengutip dari katadata.co.id, omset merupakan hasil penjualan secara keseluruhan.

Sedangkan profit adalah pendapatan bersih yang kamu hasilkan (laba). Jika ingin bisnis terus berjalan, maka profit harus dikelola dengan cara yang tepat. Berikut tips mengembangkan profit agar bisnis semakin besar:

1. Bedakan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Pengelolaan keuangan yang kurang tepat merupakan salah satu hal yang sering kali menghambat pertumbuhan bisnis. Contohnya, mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi dalam satu rekening yang sama.

Hal tersebut tentu akan membuat keuangan bisnis menjadi berantakan karena arus pengeluaran yang tidak terorganisir. Bahkan kemungkinan buruknya tanpa disadari profit bisnis ikut terpakai untuk keperluan pribadi.

Masalah ini tentu sangat riskan karena akan membuat kamu bingung dalam menyusun laporan keuangan bisnis. Itu sebabnya, perlu membuat rekening khusus untuk mengatur keuangan bisnis.

2. Gunakan 10% Profit untuk Mengembangkan Bisnis

Semua pelaku bisnis pasti ingin usahanya terus maju dan berkembang. Untuk mewujudkannya tidak dapat dilakukan secara instan karena membutuhkan proses yang panjang. Kamu dapat melakukannya sedikit demi sedikit dengan menyisihkan 10% keuntungan untuk modal mengembangkan bisnis. Mengapa pengembangan bisnis harus diprioritaskan? Karena hal tersebut bersifat wajib dan sangat penting dalam mempengaruhi tingkat kemajuan bisnis.

Kemungkinan mencapai titik kesuksesan akan sangat kecil jika tidak melakukannya mulai dari sekarang. Pengembangan bisnis bisa dimulai dengan menambah kapasitas produksi dan meningkatkan kinerja pemasaran.

3. Sisihkan 20% Profit untuk Investasi

Investasi tidak hanya dibutuhkan untuk mempersiapkan masa depan seseorang tapi juga penting dilakukan untuk kemajuan sebuah bisnis. Bisnis juga membutuhkan dana darurat sebagai langkah antisipasi ketika terjadi hal-hal buruk yang tidak terpikirkan. Dengan menyisihkan sebagian profit untuk investasi kamu dapat mengumpulkan dana darurat bisnis mulai dari sekarang. RDPT bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengembangkan profit bisnis.

Setidaknya sisihkan 20% dari seluruh profit yang didapat untuk diinvestasikan agar dana tersebut menghasilkan keuntungan tambahan. Selain sebagai dana darurat kamu juga dapat memanfaatkannya untuk memperbesar skala bisnis. Menginvestasikan sebagian profit di RDPT merupakan salah satu langka pengelolaan keuangan yang tepat. Ditambah lagi manfaat Reksadana Pendapatan Tetap yang beragam akan membantu kamu menstabilkan keuangan bisnis.

4. Gunakan 50% Profit untuk Operasional

Dana operasional bisnis sebaiknya tidak melebihi setengah dari jumlah profit yang didapat. Hal tersebut bertujuan agar stabilitas keuangan bisnis dapat terjaga dengan baik. Itu sebabnya, kamu harus meningkatkan kinerja pemasaran agar angka penjualan terus bertambah.

Pastikan dana operasional sudah dihitung seefisien mungkin agar tidak ada uang yang keluar sia-sia. Dana operasional idealnya mencakup kebutuhan pokok bisnis, seperti gaji karyawan, tagihan listrik dan air, biaya pemeliharaan aset bisnis, dan semacamnya. Jangan lupa mencatat semua pengeluaran operasional bisnis secara teliti agar kamu mudah melakukan peninjauan keuangan.

5. Gunakan Sisa Profit untuk Amal dan Kebutuhan Pribadi

Bisnis akan berjalan sempurna jika di dalamnya terjadi keseimbangan. Untuk menyeimbangkannya kamu bisa menyisihkan 10% dari total jumlah profit untuk kegiatan sosial.

Kegiatan ini merupakan tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi untuk membantu masyarakat di sekitar. Lalu 10% sisanya bisa kamu nikmati untuk mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga sebagai reward untuk diri sendiri. Meskipun demikian, akan lebih efisien lagi jika sebagiannya diinvestasikan di Reksadana Pendapatan Tetap untuk mempersiapkan masa depan.

Investasi Reksadana
image: pexels.com

Kembangkan Profit Bisnis Melalui Reksadana Pendapatan Tetap

Kesuksesan sebuah bisnis dapat terjadi jika keuangannya dikelola dengan baik. Salah satu cara pengelolaan yang tepat yaitu dengan menginvestasikan sebagian profit bisnis ke aset investasi yang potensial.

Jika, ragu melakukan investasi di sembarang tempat mungkin kamu perlu mempercayakannya di perbankan prioritas DBS Treasures. Karena tersedia beragam Reksadana yang dikelola oleh Manajer Investasi terpercaya yang sudah profesional di bidangnya.

Tidak hanya Reksadana, kamu juga dapat menginvestasikan dana ke beberapa aset investasi yang aman. Cukup melalui Aplikasi digibank by DBS semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari pendaftaran Single Investor Identification (SID) bahkan proses jual-beli Reksadana pun dapat dilakukan di aplikasi tersebut.

Kamu akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio kamu, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga kamu dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Dengan dukungan-dukungan tersebut kamu dapat berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan aman dan tenang melalui DBS Treasures. Untuk menikmati semua keunggulannya kamu harus bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas sekarang, Dapatkan rincian informasinya melalui laman ini.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.