Skip to main content

7 Tips Memilih Klinik Untuk Scaling Gigi

Klinik Scaling Gigi
Klinik Scaling Gigi (image: pexels.com)

Punya masalah gigi berkarang? Itu artinya Kamu harus segera scaling gigi untuk membersihkan karang yang menempel dan mengeras di garis gusi. Pastinya masalah tersebut sangat mengganggu karena bisa menurunkan kepercayaan diri dengan tampilan gigi yang tidak bersih.

Scaling sendiri dibutuhkan untuk melindungi enamel gigi yang ada di bawah gusi serta jaringan gusi dari penyakit periodontal. Tidak hanya itu saja, saat gigi Kamu kuat, maka Kamu pun bisa terhindar dari masalah mulut lain yang berisiko membuat Kamu kehilangan gigi.

7 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Klinik untuk Scaling Gigi

Nah untuk menghilangkan karang dan plak dari area gigi serta penyakit mulut lainnya, Kamu harus segera melakukan scaling di klinik. Namun sebelum itu, yuk cari tahu lebih dulu tips-tips yang harus diperhatikan saat memilih klinik untuk scaling gigi agar perawatannya berjalan lancar tanpa efek samping.

1. Cari Rekomendasi

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah cari rekomendasi klinik gigi terbaik dari kerabat terdekat yang pernah melakukan prosedur pembersihan karang atau plak. Biasanya pengalaman pribadi efektif dijadikan sebagai patokan tentang klinik mana yang dapat dipercaya dan memberikan layanan optimal.

2. Ketahui Portfolio Klinik

Meski sudah mendapatkan rekomendasi klinik yang terjamin aman, tapi sebaiknya Kamu tetap harus mengetahui portfolio klinik gigi tersebut. Cari tahulah kapan klinik tersebut berdiri, siapa saja dokternya, penghargaan yang pernah diraih hingga deretan sertifikasi yang dimilikinya melalui sosial media atau website resmi klinik tersebut.

3. Periksa Kredensial Dokter dan Staf

Tips selanjutnya adalah pastikan Kamu memeriksa kredensial dokter dan staf dari klinik yang diinginkan. Dokter beserta staf yang akan menangani scaling gigi Kamu haruslah memiliki kualifikasi yang sesuai dan lisensi yang valid. Mulailah dengan memeriksa latar belakang dan ketahui apakah mereka sudah terdaftar di asosiasi medis atau belum.

4. Perhatikan Peralatan Medis yang Digunakan

Karena disini Kamu akan membersihkan karang serta plak di gigi, maka peralatan medis yang digunakan semestinya dilengkapi teknologi modern terbaru dalam bidang perawatan gigi. Selain demi meningkatkan efektivitas prosedur, tetapi berguna juga untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama perawatan berlangsung dan mencegah efek samping sesudahnya.

5. Pertimbangkan Layanan dan Harganya

Pastinya ada harga, ada kualitas! Inilah yang wajib Kamu pertimbangkan selanjutnya saat memilih klinik untuk scaling gigi. Tanyakan tentang biaya scaling gigi, asuransi kesehatan, dan apakah ada prosedur lainnya yang membutuhkan biaya tambahan. Hal tersebut akan membantu Kamu agar tidak ada biaya diluar layanan nantinya.

6. Pilih Klinik Terdekat

Sebenarnya Kamu bebas memilih klinik scaling gigi manapun selagi berkualitas, hanya saja, tidak ada salahnya untuk memilih klinik terdekat dari tempat tinggal Kamu. Tujuannya adalah untuk memudahkan Kamu dalam perjalanan sehingga bisa menghemat waktu serta energi. Jangan lupa pilih klinik dengan jadwal operasional yang cocok dengan waktu Kamu.

7. Lakukan Konsultasi Awal

Sebelum yakin akan menjalani scaling gigi di klinik tersebut, sebaiknya jadwalkan konsultasi awal terlebih dulu dengan dokter gigi disana. Ini merupakan kesempatan untuk bertanya banyak hal terkait pembersihan karang gigi yang akan dilakukan. Kamu pun bisa mendiskusikan masalah gigi lainnya bersama dokter gigi tadi.

Nah itulah deretan tips yang wajib Kamu ikuti saat memilih klinik untuk scaling gigi demi mengembalikan gigi Kamu ke keadaan bersih seperti semula. Dengan mempertimbangkan tips di atas, Kamu akan mendapatkan perawatan yang berkualitas sehingga tidak ada efek samping yang muncul setelah scaling gigi.

Referensi:

  • https://arthanugraha.com/8-tips-memilih-klinik-scaling-gigi-yang-terbaik/
  • https://hermihidayati.com/5-tips-memilih-klinik-untuk-scaling-gigi/
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/scaling
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.