Skip to main content

Financial Freedom dan Financial Independent, Apa Bedanya?

Financial Freedom
Financial Freedom. (image: pexels.com)

Akhir-akhir ini semakin sering terdengar istilah financial freedom dan financial independent. Tahukah kamu jika kedua istilah tersebut serupa tapi tak sama? Sebenarnya keduanya merupakan fase-fase kebebasan finansial yang akan kamu lalui, keduanya membutuhkan kemampuan untuk mengatur keuangan.

Bank digital adalah salah satu instrumen yang dapat membantumu mengatur keuangan adalah layanan bank digital yang akan membantumu mengatur keuangan pada fase financial independent dan mencapai financial freedom lebih cepat. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan tentang financial freedom dan financial independent yang perlu kamu pahami.

Perbedaan Financial Freedom dan Financial Independent

Untuk mendapatkan financial freedom ada fase yang harus dilalui setiap orang, salah satunya adalah financial independent. Namun sebelum mencapai financial independent dan financial freedom, sebenarnya ada fase financial secured dimana seseorang merasa aman dengan keuangannya.

Jadi jika ditanya tentang bagaimana perbedaan financial freedom dan financial independent, tentu saja berbeda. Financial independence lebih dikenal dengan mandiri financial, yaitu ketika kamu sudah memiliki cukup uang di usia 20-30 tahun an. Pada fase ini kamu sudah bisa mendapatkan apapun dengan uangmu sendiri tentu saja dibatasi kemampuan.

Sedangkan financial freedom yaitu kebebasan dalam hal keuangan. Pada fase ini kamu memiliki kebebasan tak terbatas untuk menggunakan uang yang dimiliki sesuai tujuan. Untuk mencapai kebebasan finansial dibutuhkan pengaturan keuangan yang baik.

Ciri Financial Independent

Untuk lebih memahami apa itu financial independent, kamu perlu memahami apa saja cirinya. Untuk itu simak ciri-cirinya di bawah ini:

  • Memiliki sumber penghasilan sendiri.
  • Punya kemampuan untuk membuat keputusan financial sesuai keinginan.
  • Bisa jadi masih memiliki utang, namun punya rencana matang untuk membayarnya tanpa kesulitan.
  • Masih bekerja aktif untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Sudah mulai bisa berinvestasi.

Ciri Financial Freedom

Apakah kamu sudah masuk ke fase financial freedom? Coba simak ciri-cirinya di bawah ini untuk menentukan posisimu saat ini:

  • Memiliki penghasilan tanpa harus bekerja aktif.
  • Bebas hutang.
  • Memiliki waktu luang untuk melakukan hobi.
  • Memiliki waktu luang untuk keluarga.
  • Mampu membuat keputusan finansial bagi diri sendiri dan keluarga.
  • Memiliki investasi untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Tips Mendapatkan Financial Freedom

Untuk mendapatkan financial freedom memang tidak mudah, kamu harus memperhatikan gaya hidup dan keuanganmu agar bisa menabung dan berinvestasi. Agar lebih mudah mencapai tujuan financial freedom, kamu bisa mengikuti tips-tips di bawah ini:

1. Kelola Keuangan Dengan Baik Sejak Muda

Agar dapat mencapai tujuan dengan mudah tentu saja harus melakukan pengelolaan keuangan sejak muda. Biasakan untuk mengatur pos-pos keuangan dengan baik. Saat menerima penghasilan, susunlah budgeting agar dapat menentukan pos pengeluaran dengan benar.

Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan dengan jelas untuk menentukan prioritas pengeluaran. Kamu harus mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu dibanding keinginan. Jangan lupa menyisihkan penghasilan untuk menabung dan investasi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencapai financial freedom lebih cepat.

Jika semua pos sudah terpenuhi dan masih ada sisa uang dari penghasilanmu, maka kamu bisa menggunakannya untuk self reward. Pengelolaan keuangan memang terlihat sangat rumit, namun akan lebih mudah jika kamu menggunakan bantuan bank digital.

2. Menambah Sumber Pendapatan

Saat kamu merasa kesulitan untuk mengatur keuanganmu, sulit memenuhi pos kebutuhan, tabungan dan investasi, bisa jadi bukan pengeluarannya yang terlalu besar. Oleh sebab itu kamu harus berusaha untuk menemukan sumber pendapatan baru agar pos pengeluaran bisa terpenuhi semua.

Menambah sumber pendapatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan mencari pekerjaan sampingan atau dengan melakukan usaha sampingan.

Kamu bisa memilih diantara keduanya namun ingat sesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Jika kamu tidak memiliki modal, maka pilihan mencari pekerjaan sampingan akan lebih tepat. Namun jika kamu memiliki modal, membuka usaha sampingan juga bisa menjadi pilihan menambah sumber penghasilan.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah cadangan dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga. Besarnya dana darurat minimal 3x dari rata-rata pengeluaran bulanan. Dana darurat akan lebih aman jika disimpan di bank, karena akan dijamin oleh LPS.

Kapan dana darurat harus digunakan? Dana darurat bisa kamu gunakan ketika ada keadaan mendesak dan tidak terduga seperti PHK, pemotongan gaji dan lain sebagainya. Kondisi darurat dimana akan mempengaruhi sumber penghasilan utama akan membutuhkan dana darurat.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki dana darurat, maka ketika mengalami PHK kamu mungkin tidak dapat melanjutkan hidup dengan baik. Pendidikan anak-anak juga akan terganggu dan pada akhirnya akan membuatmu berhutang. Hal ini akan berbahaya untuk kondisi keuanganmu, maka dari itu selagi bisa siapkan dana darurat.

4. Berinvestasi Sesuai Profil Risiko

Poin paling penting untuk segera mencapai financial freedom adalah dengan berinvestasi. Uangmu akan berkembang jika kamu melakukan investasi. Tapi kamu harus memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko yang kamu miliki.

Jangan salah memilih instrumen investasi sehingga mempertaruhkan semua harta. Kamu bisa memilih saham, reksadana, obligasi sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko yang kamu inginkan.

Wujudkan Financial Freedom Bersama Aplikasi Bank Digital

Financial Freedom
Financial Freedom. (image: pexels.com)

Mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengatur pos-pos pengeluarannya dengan baik. Untuk mengatasinya kamu membutuhkan bantuan seperti bank digital, yang mana layanan perbankan online yang direkomendasikan adalah Aplikasi digibank by DBS untuk kelola keuangan.

Dengan berbagai layanan bank digital yang ada pada Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu mengatur pos pengeluaran, sehingga keuangan bisa lebih mudah dikelola. Proses transaksi mudah, cepat dan aman yang ditawarkan oleh Aplikasi digibank by DBS inilah, yang membuat para nasabahnya sangat percaya jika bank digital ini mampu wujudkan financial freedom yang ingin dicapai dengan lebih cepat.

Segera download Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Google Play Store sekarang juga. Jangan menundanya karena lebih cepat kamu tersadar untuk kelola keuangan, maka masalah finansialmu akan cepat pula teratasi.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.