Skip to main content

Tips Pemasangan CCTV Outdoor di Area Penitipan Sepeda Motor

CCTV Area Penitipan Sepeda Motor
Area penitipan sepeda motor. (image: pexels.com)

Tidak hanya area indoor saja, kawasan outdoor seperti tempat penitipan sepeda motor harus diawasi dengan baik. Salah satu cara yang paling efektif dan efisien secara tenaga dan waktu yakni dengan melakukan pemasangan CCTV. Ini bertujuan untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya, tempat penitipan motor menjadi salah satu tempat yang rawan pencurian. Dengan adanya CCTV outdoor akan lebih mudah untuk mengontrol area penitipan motor dan wilayah sekitarnya. Sehingga, pelaku kejahatan akan berpikir ulang jika akan melancarkan aksinya.

Tips Memasang CCTV di Area Penitipan Motor

Memasang Camera CCTV outdoor dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keamanan di area penitipan motor. Pasalnya, area ini rawan akan kasus pencurian sehingga dibutuhkan tingkat keamanan yang baik selama 24 jam. Jika suatu tempat memiliki sistem keamanan yang baik tentu akan mendatangkan rasa aman dan nyaman. Berikut ini beberapa tips memasang CCTV outdoor di area penitipan motor.

1. Ketahui Karakteristik CCTV

Hal utama yang harus kamu pelajari sebelum memasang CCTV yakni karakteristiknya, hal ini dikarenakan CCTV outdoor dan indoor memiliki perbedaan. Apabila kamu ingin memasang Camera CCTV outdoor maka pastikan Camera tersebut sudah dilengkapi dengan bahan wheater-proof dan jenis Camera yang mendukung di segala cuaca.

Kamu harus memastikan bahwa Camera CCTV tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung untuk cuaca terik hingga hujan sekalipun. Dengan demikian, kamu tidak akan salah lagi dalam memilih CCTV sesuai dengan peruntukannya, apakah indoor atau outdoor.

2. Pahami Tata Letak yang Presisi

CCTV Area Penitipan Sepeda Motor
CCTV area penitipan sepeda motor. (image: pexels.com)

Berikutnya, pahami tata letak yang tepat untuk penempatan Camera CCTV outdoor agar presisi sehingga mampu menjangkau seluruh spot yang kamu inginkan.

Ada baiknya untuk meletakkannya di tembok dengan cara kamuflase atau tersembunyi sehingga tidak mudah diketahui oleh orang lain. Ini akan membuat Camera CCTV lebih aman.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan tinggi peletakan Camera CCTV sehingga dapat menjangkau area yang luas. Pemasangan CCTV outdoor akan bekerja optimal apabila kamu sudah memahami tata letak yang tepat. Sehingga, area penitipan motor terjaga keamanannya selama 24 jam.

3. Ketahui Prosedur Pemasangan CCTV

Memasang CCTV outdoor lebih membutuhkan effort yang besar dibandingkan dengan CCTV indoor. Pasalnya, ada beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan selama pemasangan. Pastikan kamu meletakkan Camera CCTV outdoor yang sulit dijangkau orang.

Hal ini bertujuan agar tidak ada orang jahat yang mampu merusak CCTV tersebut. Pastikan juga pemasangan CCTV tidak terkena suar lensa atau cahaya latar. Pasalnya, ini akan mempengaruhi hasil rekaman video dimana akan ada titik-titik yang membuat rekaman kurang jelas.

4. Perhatikan Jangkauan Koneksi Internet

Hal yang sering kita abaikan saat memasang CCTV outdoor yakni tidak memperhatikan jangkauan koneksi internet. Maka dari itu, pertimbangkan koneksi internet pasalnya ini akan mempengaruhi kinerja CCTV. Semakin jauh CCTV dengan koneksi internet maka kinerjanya akan menurun.

Pastikan CCTV terhubung dengan koneksi internet yang kuat dan stabil sehingga mampu bekerja optimal dan memberikan hasil rekaman video yang jelas. Koneksi internet yang stabil juga memudahkan kamu untuk melakukan pemantauan secara real time.

5. Perhatikan Penempatan NVR

Terakhir, pertimbangkan juga lokasi penempatan NVR sehingga dapat menjamin keamanan suatu tempat. Network Video Recorder atau NVR merupakan alat yang berfungsi untuk merekam gambar dari Camera CCTV.

Apabila kamu memasang Camera CCTV outdoor di area penitipan motor maka sebaiknya letakkan NVR ini di pos penjaga. Pasalnya, NVR hanya boleh diakses oleh orang tertentu saja karena berisi data rekaman. Dengan demikian, semua data akan terjaga dan tidak bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jaga Keamanan Penitipan Motor dengan CCTV Terbaik

Area penitipan motor merupakan salah satu tempat yang harus diawasi Camera CCTV outdoor dengan kualitas terbaik. Hal ini ditujukan untuk menghindari tindak kejahatan seperti pencurian di area penitipan motor.

Dengan adanya CCTV outdoor, maka pelaku kejahatan akan berpikir dua kali untuk melancarkan aksinya. Ini tentu akan meminimalisir bahkan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

CCTV outdoor terbaik yang bisa diandalkan untuk berbagai tempat termasuk area penitipan motor yakni Hikvision AcuSense. Berikut ini beragam kelebihan Hikvision AcuSense yang tidak dimiliki produk lain, diantaranya:

  • Mampu merekam gambar secara real time.
  • Konfigurasi dan proses pemasangan sangat mudah sehingga tidak perlu teknisi.
  • Menampilkan hasil rekaman secara real time.
  • Tersedia kategori atau label pada hasil rekaman video sehingga lebih efisien.

CCTV outdoor berteknologi AcuSense memiliki beragam keunggulan yang belum tentu dimiliki produk lain. Camera CCTV outdoor ini juga sangat tahan banting dengan segala macam kondisi cuaca, baik panas hingga hujan deras. Penggunaan pelindung wheater-proof pada Camera tentu akan membuat produk ini lebih awet di luar ruangan.

Hikvision berteknologi AcuSense juga dilengkapi dengan sistem peringatan audio dan visual, bahkan ini memungkinkan kamu untuk melakukan komunikasi dua arah dengan pihak yang ada di CCTV. Selain itu, juga terdapat alarm untuk mendeteksi siapa saja yang berada di kwasan CCTV tersebut. Ketahui informasi lebih lanjut terkait Hikvision AcuSense pada link berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/acusense-products/.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.