Skip to main content

Mencari Distributor Financing yang Terpercaya? Kenalan Yuk dengan Modal Rakyat!

Distributor Financing
Distributor Financing. (image: freepik.com)

Mendirikan usaha memang menjadi suatu aktivitas yang cukup digemari oleh banyak orang. Pasalnya, kegiatan ini dianggap lebih fleksibel bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan aktivitas kantoran dengan durasi jam yang lebih terpatok. Dalam mendirikan usaha tentu akan banyak sekali hal-hal yang perlu disiapkan, tidak hanya itu, selain banyak hal yang memang perlu disiapkan, banyak pula tantangan yang nantinya akan dihadapi.

Mungkin Kamu yang sudah lebih dulu terjun atau mengenal dunia usaha, telah tahu bahwa kendala yang sering dihadapi adalah terbatasnya modal dan sumber daya yang dimiliki. Banyak usaha yang sebenarnya bisa saja memperlancarkan dan berpotensi untuk memiliki market yang lebih luas, namun terkendala dengan modal yang dimiliki.

Sebagai contohnya, bisnis yang memiliki basis FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) dimana kelancaran sebuah bisnis akan dipengaruhi dari para stakeholder di dalamnya, mulai dari supplier, distributor, bahkan ke reseller nya.

Dalam menjalankan bisnis ini, Kamu sangat harus mengerti betapa pentingnya cash flow. Dimulai dari produksi barang, pengiriman barang, hingga barang tersebut tiba atau diterima oleh konsumen. Maka dari itu, keberadaan modal yang cukup sangat penting dalam membuka usaha.

Kalau Belum Ada Modal untuk Usaha, Bagaimana?

Bagi Kamu yang sedang menghadapi permasalahan modal yang terbatas, namun melihat bahwa potensi usaha Kamu sangat besar maka Kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa melirik layanan pinjam meminjam atau layanan distributor financing. Salah satu layanan yang bisa Kamu percaya adalah Modal Rakyat.

Berdiri sejak tahun 2018, Modal Rakyat merupakan layanan pinjam meminjam uang yang berbasis teknologi informasi, dimana layanan tersebut mempertemukan masyarakat (pendana) dengan pelaku usaha UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Sebagai distributor financing, Modal Rakyat juga ikut turun tangan dalam memfasilitasi terjadinya interaksi pendanaan yang terpercaya, aman, menguntungkan secara online, dan memiliki dukungan dari tim manajemen yang telah profesional dalam mengukur tingkat resiko. Modal Rakyat sendiri hadir untuk menjadi support system bagi para pelaku usaha, guna memperkuat ekosistem bisnis, Modal Rakyat meluncurkan program supply chain financing.

Dimana melalui program tersebut, tak hanya pelaku modal saja yang dijangkau oleh Modal Rakyat, melainkan juga distributor hingga reseller agar mereka dapat memperluas jaringan bisnis melalui bantuan pinjaman ini. Modal Rakyat (bagian dari Fazz) akan membiayai invoice mulai dari modal hingga bahan baku dari franchisor. Bagi pebisnis, ini akan menguntungkan karena dapat membuka banyak cabang dengan cepat.

Keuntungan Supply Chain Financing untuk Supplier dan Franchisor

Untuk Supplier

Bagi Kamu yang berencana memposisikan diri sebagai supplier di kala membuka bisnis nanti, tentunya Kamu akan memiliki jumlah distributor dan reseller yang tidak sedikit jumlahnya. Hal ini dikarenakan, Kamu sebagai pemasok atau pemberi barang/jasa ataupun jenis bisnis yang lain harus memiliki stok barang yang tercukupi untuk diberikan kepada distributor dan reseller Kamu.

Melalui Modal Rakyat, Kamu akan diberikan bantuan berupa modal melalui invoice financing. Sementara, bagi Kamu yang merupakan distributor atau reseller akan diberikan pinjaman modal berdasarkan PO financing. Lewat program Supply Chain Financing ini, Modal Rakyat akan memberikan dana pinjaman kepada distributor ataupun reseller yang telah direkomendasikan oleh supplier tersebut. Jadi, dapat dikatakan Modal Rakyat pun juga menyangkut pautkan Kamu sebagai pelaku bisnis untuk dapat diberikan pinjaman.

Untuk Franchisor (Pelaku Franchise)

Salah satu keuntungan yang didapatkan oleh supplier merupakan ekosistem bisnis yang lancar. Ketika melakukan produksi barang hingga pengiriman barang, setiap stakeholder membutuhkan jumlah uang kas yang banyak. Sehingga apabila distributor dan reseller yang memiliki kebutuhan uang yang tercukupi, mereka dapat menjalankan bisnis franchise jauh lebih lancar.

Keuntungan pun didapatkan oleh supplier, dimana supplier dapat memproduksi barang yang lebih banyak. Oleh karena itu, keuntungan yang didapatkan dari bisnis franchise ini adalah banyak orang yang tertarik untuk membuka bisnis jenis ini dikarenakan modal yang didapatkan terbilang mudah. Semakin berkembangnya bisnis, maka semakin besar pula omset yang akan didapatkan. Manfaatkan layanan permodalan dari Fazz. Daftarkan menjadi franchise atau franchisor di halaman ini.

Bagaimana Cara Meminjam di Modal Rakyat?

  1. Daftar: Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai peminjam dana di situs Modal Rakyat.
  2. Ajukan Pinjaman: Ketika akun telah terdaftar dan terverifikasi, Kamu bisa mengajukan dana pinjaman.
  3. Tunggu Persetujuan: Sudah mengajukan dana pinjaman? Tunggu persetujuannya dulu, ya!
  4. Penggalangan Dana: Setelah pinjaman Kamu disetujui, Modal Rakyat akan membentuk penggalangan dana di situs mereka.
  5. Terima Dana: Jika dana sudah terkumpul, maka pinjaman Kamu siap untuk dicairkan dan Kamu gunakan.
  6. Kembalikan Pinjaman: Jangan lupa untuk mengembalikan pinjaman sebelum atau sesuai waktu yang telah ditetapkan, ya!
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.