Skip to main content

Punya Gaji 5 Juta? Inilah Investasi yang Cocok Kamu Coba

reksadana pasar uang
Investasi. (image: pexels.com)

Memiliki penghasilan atau gaji sebesar 5 juta, Kamu tetap bisa melakukan investasi dan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Kamu bisa memilih jenis reksadana pasar uang yang minim risiko dan tidak fluktuatif. Instrumen investasi ini terbukti cocok untuk investor pemula, terutama dengan ketersediaan dana investasi terbatas.

Keuntungan reksadana pasar uang bisa sangat lumayan dan lebih tinggi dari bunga deposito. Jika Kamu bisa mengelola uang dengan benar, maka gaji Rp 5 juta ditambah keuntungan investasi bisa meningkatkan taraf hidup Kamu menjadi lebih baik. Reksadana merupakan instrumen investasi yang mudah dilakukan, sekalipun Kamu seorang investor pemula.

Investasi yang Cocok untuk Pemula Gaji Rp 5 Juta Sebulan

Investasi merupakan cara cepat menabung untuk mencapai tujuan kebutuhan yang diinginkan. Misalnya untuk digunakan sebagai dana pendidikan atau dana renovasi rumah. Modal investasi dikembangkan oleh manajer investasi dalam instrumen saham, obligasi, reksadana pasar uang, atau instrumen lainnya.

Setiap instrumen juga memiliki jangka waktu investasi yang berbeda dan modal awal yang berbeda. Maka, tidak semua instrumen investasi cocok digunakan oleh investor pemula, terutama dengan modal terbatas. Berikut ini beberapa investasi yang cocok untuk pemula dengan gaji 5 jutaan per bulan.

1. Deposito

Deposito merupakan produk simpanan dalam jangka waktu pendek. Investasi jenis ini dianggap aman dibanding instrumen investasi lain. Namun keuntungan yang didapat juga lebih rendah dibandingkan keuntungan reksadana pasar uang, investasi saham, atau properti. Dana dalam deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan syarat tidak lebih dari Rp 2 miliar. Jika bank mengalami kebangkrutan, maka LPS akan mengganti dana nasabah.

Modal deposito minimal Rp 1 juta. Jangka waktu simpanan mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan, dengan suku bunga atau keuntungan yang didapat sekitar 4% - 7% tergantung jangka waktu simpanan. Kamu tidak bisa menarik dana yang tersimpan dalam deposito jika jangka waktu belum berakhir.

2. Saham

Hasil investasi saham lebih tinggi dibanding keuntungan reksadana pasar uang. Jika Kamu termasuk orang yang menyukai tantangan, instrumen investasi saham menjadi pilihan yang menantang. Pasalnya, faktor risikonya sangat tinggi mengimbangi keuntungan yang didapat.

Namun jika modal Kamu terbatas, sebaiknya Kamu menghindari jenis investasi yang dianggap mewah oleh sebagian besar orang. Saham membutuhkan modal yang besar dan jangka waktu yang lebih panjang daripada reksadana agar memperoleh keuntungan yang optimal.

3. Investasi Kripto

mata uang kripto
Investasi kripto. (image: pexels.com)

Perkembangan dunia digital menciptakan mata uang Kripto atau cryptocurrency sebagai mata uang digital. Tersedia banyak jenis mata uang Kripto, yang paling populer dan banyak digunakan adalah Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dogecoin, dan sebagainya. Investasi mata uang kripto bisa dilakukan dengan cara trading atau transaksi jual beli dengan modal minimal Rp 10 ribu.

Sayangnya, aset Kripto tidak memiliki dasar penjualan yang jelas, dan pergerakan nilai aset hanya mengikuti permintaan dan penawaran. Fluktuasi nilai sangat tinggi, Kamu bisa mendapat keuntungan besar dalam semalam, tapi juga berpotensi mengalami kerugian besar dalam sekejap.

Baca juga:

4. Surat Utang Negara (SUN)

Obligasi pemerintah atau surat utang negara merupakan pilihan investasi dengan modal awal yang terjangkau. Kamu bisa membeli Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST), Savings Bond Ritel (SBR) mulai dari Rp 1 juta.

Sama seperti reksadana pasar uang, instrumen investasi ini cenderung aman namun tetap memberi keuntungan yang lumayan. Dana investasi Kamu termasuk imbal hasilnya dijamin oleh negara dan tidak ada risiko gagal bayar.

Baca juga:

5. Investasi Peer to Peer (P2P) Lending

P2P Lending merupakan investasi dengan cara menjadi pemberi pinjaman untuk perusahaan penyalur pinjaman online. Kamu bisa memilih investasi jenis ini dengan modal awal mulai dari Rp100 ribu. Keuntungan investasi P2P Lending bisa mencapai 18% per tahun, sehingga lebih tinggi dibanding bunga deposito.

6. Reksadana

Pengelolaan dana investasi reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi. Saat ini, investasi reksadana bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan modal awal mulai Rp 10 ribu melalui aplikasi investasi online. Tersedia empat jenis reksadana di pasaran, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana pasar saham.

Baca juga:

Alasan Memilih Investasi Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan instrumen investasi yang sangat cocok untuk investor pemula dengan modal terbatas. Jika gaji Kamu sebesar Rp 5 juta per bulan, maka Kamu sudah bisa menyisihkan 10% dari penghasilan untuk dialokasikan pada instrumen investasi ini. Banyak keuntungan reksadana pasar uang yang bisa Kamu dapatkan dengan memilih instrumen ini, di antaranya adalah:

  1. Masa jatuh tempo kurang dari setahun, Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan jangka pendek.
  2. Investor pemula dengan profil risiko rendah bisa memilih produk reksadana pasar uang jenis deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia, atau Surat Berharga Pasar Uang. Produk-produk tersebut lebih aman dan minim risiko.
  3. Potensi keuntungan lebih stabil dan bisa dijadikan perencanaan masa depan yang tepat.
  4. Tingkat likuiditas tinggi, pencairan dana mudah dan cepat serta tanpa penalti.

Investasi Reksadana Pasar Uang di Aplikasi digibank by DBS

Jika Kamu ingin mengoptimalkan gaji Rp5 juta per bulan, maka investasi reksadana pasar uang merupakan pilihan yang tepat. Apalagi saat ini investasi bisa lebih mudah dan praktis melalui aplikasi investasi online seperti digibank by DBS. Kamu bisa mengunduhnya di smartphone dan mulai berinvestasi.

Keuntungan reksadana pasar uang melalui Aplikasi digibank by DBS bisa lebih optimal dengan memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan, antara lain:

  1. Investasi mulai Rp 100 ribu
  2. Tersedia fitur pembelian secara berkala dan fleksibel
  3. Tersedia lebih dari 50 produk
  4. Pilihan produk menggunakan kategori kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik
  5. Semua aktivitas investasi mulai dari daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli serta switch produk menggunakan satu aplikasi

Reksadana pasar uang terbukti sebagai pilihan investasi yang cocok untuk pemula dengan modal terbatas. Dengan gaji Rp5 juta per bulan, Kamu bisa memiliki investasi yang menguntungkan untuk masa depan. Gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan investasi dan mendapatkan hasil yang lebih optimal. Segera unduh aplikasinya dan dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.