Skip to main content

4 Tips Sukses Berbisnis di Usia Muda ala Ketua Kadin Indonesia

sukses berbisnis di usia muda
Sukses berbisnis di usia muda. (image: freepik.com)

Memiliki bisnis yang sukses tentunya menjadi impian bagi setiap pengusaha, terutama bagi para anak muda. Namun untuk mencapai impian bisnis sukses di usia muda tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Sebab, membangun bisnis yang sukses dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, keseriusan dan sikap yang tepat dalam menggeluti bisnis yang kamu jalankan.

Saat ini, sudah banyak sekali pengusaha muda yang telah membuktikan dengan meraih kesuksesannya bahkan beberapa diantaranya telah sukses berbisnis sebelum mereka menginjak usia 25 tahun.

Tips Sukses Berbisnis di Usia Muda

Nah bagi kamu yang ingin sukses juga di masa muda, maka kamu bisa mengikuti tips sukses berbisnis di usia muda menurut ketua Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Menurut Arsjad Rasjid, seorang pengusaha muda harus memiliki setidaknya empat kemampuan atau skill sebelum memutuskan untuk merintis sebuah bisnis dan kedepannya juga memiliki karyawan untuk mengembangkan bisnisnya.

Arsjad Rasjid
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (image: arsjadrasjid.com)

Keempat kemampuan tersebut diantaranya kemampuan leadership, manajemen finansial, strategi, dan kedewasaan yang mana wajib dimiliki oleh pengusaha kecil, mikro, hingga menengah di tengah kemajuan era digitalisasi.

1. Leadership

Kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh pengusaha muda yaitu harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership yang mana merupakan salah satu faktor dalam bisnis sukses di usia muda. Ini penting, apalagi saat bisnis yang dijalankan sudah berkembang dan memiliki banyak karyawan.

Namun, menjadi seorang pemimpin tentu tidak mudah apalagi seorang yang memimpin sebuah bisnis. Sebab, di satu sisi harus memikirkan cara agar bisnis terus berjalan, di sisi lain juga harus mencari cara bagaimana memberdayakan sumber daya manusia agar efektif.

Dalam dunia bisnis, kemampuan leadership yang efektif adalah mampu mengarahkan dan menginspirasi bagi tim kerja, mampu berinovasi dan mengembangkan strategi inovatif, mampu berkomunikasi yang baik ke berbagai stakeholder baik secara lisan maupun tulisan, hingga mampu mengambil keputusan yang cepat, tepat dan bijaksana dalam menghadapi tantangan bisnis.

2. Manajemen Finansial

Mampu memahami manajemen finansial yang baik juga merupakan tips bisnis sukses di usia muda menurut Arsjad Rasjid. Sebab, sering kita mendengar kabar banyak pengusaha yang sebenarnya bisa berpotensi berkembang namun akhirnya bangkrut hanya karena masalah manajemen keuangan bisnis mereka yang kurang efektif.

Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen finansial akan sangat membantu pengusaha untuk membuat keputusan yang cerdas dalam hal pengelolaan dana hingga pengendalian dana agar tidak berujung kerugian finansial.

3. Strategi

Strategi bisnis adalah rencana aksi yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan jangka panjangnya, serta menghadapi tantangan dalam lingkungan bisnis.

Memiliki strategi yang efektif akan sangat membantu seorang pengusaha dalam analisa bisnis, menentukan tujuan bisnis, pemilihan segmentasi pasar hingga memanfaatkan peluang dengan baik untuk membangun keunggulan dalam lingkungan persaingan bisnis.

4. Kedewasaan

Tips sukses berbisnis di usia muda menurut Arsjad Rasjid yang terakhir adalah seorang pengusaha harus memiliki sikap kedewasaan yang matang. Adapun kedewasaan seseorang dalam berbisnis seperti memiliki etos kerja yang tinggi, pantang putus asa, lincah dalam berbagai hal, mampu beradaptasi, selalu disiplin dan selalu bersikap tenang dalam berbagai situasi, meskipun berada di kondisi sulit sekalipun.

Nah, itulah beberapa tips sukses berbisnis di usia muda menurut Arsjad Rasjid. Dengan mengikuti tips sukses di atas, kamu dapat membangun bisnis yang sukses dan memberikan dampak positif dalam bisnis dan masyarakat secara keseluruhan.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.