Skip to main content

5 Keunggulan Kayu Jati untuk Pintu Rumah

pintu rumah kayu jati
Pintu rumah kayu. (image: pexels.com)

Kayu jati merupakan jenis kayu yang banyak digunakan dalam industri furnitur, terutama pintu rumah. Berbagai keunggulan kayu jati, termasuk kekuatan, keindahan, dan daya tahannya membuat kayu jati tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak orang meskipun jenis kayu ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Nah di artikel ini, aku akan menjelaskan beberapa karakteristik kayu jati yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk pintu rumahmu.

Karakteristik Kayu Jati

Kayu jati telah lama menjadi bahan baku yang sangat dihargai dalam industri furnitur dan konstruksi. Adapun karakteristik kayu jati yang terkenal adalah keawetannya yang tak perlu diragukan lagi. Selain itu, berikut beberapa karakteristik kayu jati yang membuatnya begitu istimewa.

1. Kepadatan Kayu

Salah satu karakteristik kayu jati yang utama adalah memiliki kepadatan yang tinggi. Kayu jati memiliki serat kayu yang padat dan rapat memberikan kekuatan yang mampu menahan beban berat, sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan baku mebel, seperti kursi, meja, dan lemari hingga berbagai produk kerajinan tangan.

2. Daya Tahan Kayu

Kayu jati juga memiliki sifat alami yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Ini mengurangi risiko penyusutan, pengembangan, atau keretakan yang disebabkan oleh perubahan suhu dan kelembaban sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan furnitur indoor maupun outdoor, seperti lantai jendela, hingga pintu rumah karena awetnya bisa sampai bertahun-tahun.

3. Keindahan yang Alami

Kayu jati memiliki keindahan warna yang alami yang beragam, mulai dari keemasan, hingga coklat tua memberikan sentuhan yang estetik dan elegan pada mebel dan bahan kerajinan tangan. Selain itu, kayu jati juga memiliki serat kayu yang unik dan menarik sehingga memberikan keunikan pada setiap potongan kayu.

4. Tahan Terhadap Hama

Karakteristik kayu jati selanjutnya adalah mampu tahan terhadap hama. Kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang terdapat dalam serat kayu. Ini membuat kayu jati tahan terhadap serangga penghancur kayu seperti rayap, serta mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan yang diakibatkannya.

Kandungan minyak dalam kayu jati ini semakin tinggi seiring semakin tua umurnya. Oleh karena itulah mengapa kayu jati yang berusia tua umumnya semakin awet.

5. Perawatannya Mudah

Kayu jati sangat mudah dalam perawatannya. Untuk menjaga keindahan dan keawetan kayu jati, kamu hanya perlu membersihkannya secara teratur dengan kain lembut dan kain lap yang lembab. Selain itu, kamu juga dapat mengoleskan lapisan kayu khusus, seperti plitur secara berkala untuk mempertahankan kilau alami kayu jati dan keawetannya.

Kayu Jati untuk Pintu Rumah

Pintu rumah adalah akses keluar dan masuknya penghuni rumah tersebut. Sabagai furnitur wajib ada di rumah, adanya pintu juga tentunya untuk memberikan keamanan dan perlindungan bagi penghuni rumah.

Oleh karena itu, pemilihan bahan baku untuk pintu rumah tentunya tidak boleh sembarangan. Sebab, selain memperhatikan keamanannya, pintu rumah juga berfungsi untuk meningkatkan penampilan estetika rumah, terlebih pintu tersebut terbuat dari kayu.

Untuk meningkatkan nilai estetik pada rumah, biasanya pintu kayu jati sering dipilih untuk rumah dengan konsep tradisional namun tetap elegan.

Nah jika kamu sedang mencari pintu rumah kayu yang berkualitas, Citra Kayon hadir dengan berbagai model pintu kayu jati yang cocok dengan preferensi rumah dan karakteristikmu.

Tidak hanya pintu dari kayu jati, Citra Kayon juga menyediakan berbagai model pintu rumah, mulai dari pintu utama, pintu kamar, hingga pintu penghubung antar ruangan yang terbuat dari kayu merbau dan kayu sungkai yang mana juga merupakan salah satu jenis kayu terbaik.

Citra Kayon dapat menjadi pilihan terbaik untuk mencari referensi furnitur yang elegan, namun dengan tingkat kenyamanan, keamanan serta kualitas yang terbaik.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.