Skip to main content

Belajar Jadi Professional Trainer yang Handal dengan Aplikasi QuBisa

kelas bootcamp
Professional Trainer. (image: freepik.com)

Saat ini banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan untuk belajar tentang berbagai hal yang kita minati. Tentunya hal tersebut untuk menambah keahlian, mengembangkan potensi atau mungkin hanya sekedar menambah wawasan saja.

Apalagi di era internet yang semakin berkembang saat ini semakin banyak media pembelajaran baik yang berbayar maupun yang gratis. Melalui media tersebut, kita dapat menonton video edukasi di YouTube, melalui bimbingan akademik berbasis e-learning, hingga pusat-pusat pelatihan atau kelas bootcamp dalam bidang tertentu.

Adanya semakin banyak sarana edukasi dan pelatihan, menjadikan professional trainer salah satu pekerjaan yang cukup diminati saat ini. Lalu, apa itu professional trainer?

Pengertian Professional Trainer

Professional trainer adalah seseorang yang memiliki keahlian dan kemampuan untuk mengajarkan sesuatu kepada orang lain dengan lebih efektif. Umumnya, mereka memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan topik yang akan mereka ajarkan. Selain itu, professional trainer juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan serta tingkat kemampuan peserta pelatihan.

Ada banyak jenis profesi yang bisa menjadi professional trainer di luar sana, contohnya seperti psikolog, konselor, atau pakar di bidang tertentu yang biasanya dapat kita temukan di belajar online.

Namun, tidak semua orang yang memiliki keahlian di suatu bidang bisa menjadi professional trainer yang efektif. Sebab, menjadi seorang professional trainer ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan untuk mengajar dengan jelas, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan kemampuan peserta pelatihan.

Manfaat Menjadi Professional Trainer

e-learning
Professional Trainer. (image: freepik.com)

Menjadi seorang professional trainer memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Dapat membantu orang lain memperoleh pengetahuan dan kemampuan baru yang berguna bagi mereka. Hal ini dapat membantu orang tersebut meningkatkan karier atau prestasinya di bidang yang mereka minati.
  • Dapat membantu perusahaan atau organisasi lain meningkatkan produktivitas dan efektivitas dengan memberikan pelatihan kepada karyawan mereka. Dengan begitu, perusahaan atau organisasi tersebut dapat meningkatkan kualitas layanan atau produk yang ditawarkan kepada pelanggan.
  • Dapat menjadi peluang untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan diri sendiri, terutama dalam bidang yang diminati.

Tips Menjadi Professional Trainer yang Handal

Untuk belajar menjadi seorang professional trainer yang handal, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Berikut diantaranya:

1. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang professional trainer. Sebab, trainer harus menjalin komunikasi dengan para peserta ketika mempresentasikan materi yang diberikan. Oleh karena itu, kamu dapat belajar meningkatkan kemampuan komunikasi dengan mengikuti kelas ataupun workshop yang terkait dengan komunikasi.

2. Belajar Memahami Subjek dengan Baik

Untuk menjadi professional trainer yang handal, coba pahami dan kuasai dulu keseluruhan konsep mengenai subjek yang hendak diajarkan. Ini bisa didapatkan melalui latar belakang pendidikan yang dimiliki sama dengan konsep yang diajarkan sehingga pengetahuan dan pengalaman di bidang tersebut bisa mumpuni.

3. Berlatih dengan Mentor Berpengalaman

Cara selanjutnya untuk belajar menjadi professional trainer adalah dengan melakukan latihan dengan mentor atau pelatih yang sudah berpengalaman. Kamu dapat belajar dari pengalaman mentor dan menerapkan teknik-teknik yang digunakan saat pelatihan.

4. Mengambil Program Pelatihan Profesional

Ada banyak program pelatihan professional yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga pelatihan atau kelas bootcamp terkait yang dapat membantu kamu belajar menjadi professional trainer. Program pelatihan ini biasanya akan mencakup topik-topik seperti komunikasi efektif, perencanaan dan pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi pelatihan.

Namun jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk hadir langsung di tempat lembaga pelatihan, saat ini, sudah ada beberapa platform belajar yang menyediakan fasilitas belajar online atau e-learning sehingga kamu bisa mengikuti program pelatihannya kapan saja dan dimana saja.

Nah, jika kamu sedang mencari platform belajar online untuk menjadi professional trainer yang handal, kamu bisa mencoba online learning melalui bootcamp di aplikasi QuBisa.

Belajar Jadi Profesional Trainer dengan Aplikasi QuBisa

belajar online

QuBisa merupakan salah satu platform belajar online terbaik di Indonesia yang menghadirkan kemudahan belajar dimana saja dan kapan saja yang menjadikannya tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen.

Platform e-learning di Indonesia ini menyediakan berbagai metode pembelajaran yang bisa dipilih, mulai dari microlearning, kursus, webinar dan belajar kilat. Ada juga kursus online berbayar maupun kursus online gratis. Tapi tenang, ada cukup banyak kursus online gratis yang bisa kamu temukan di aplikasi QuBisa.

Dan untuk kamu yang ingin menguasai bidang professional trainer, ada beberapa materi video microlearning dari QuBisa bootcamp professional trainer yang bisa kamu tonton secara gratis, seperti materi “6 ketrampilan seorang trainer profesional” dengan pemateri Bayu Setiaji, seorang Senior Consultant for Human Resources Management and Engineering, dimana dalam materi tersebut menjelaskan bahwa professional trainer harus menguasai setidaknya enam keterampilan khusus.

online learning melalui bootcamp

Seperti salah satunya yaitu seorang professional trainer harus mampu memimpin diskusi dengan baik serta mampu menciptakan pelatihan, analisa kasus dan presentasi yang menarik. Sehingga dapat sukses membuat kelas online atau online learning melalui bootcamp.

Kesimpulan

Selain menyajikan materi pengembangan professional trainer, aplikasi QuBisa ini juga menjadi pilihan online learning melalui bootcamp yang cocok sebagai tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen.

Pilihan metode pembelajaran yang beragam dan banyak sekali materi yang gratis untuk dipelajari menjadikan keunggulan dari aplikasi platform e-learning di Indonesia ini.

Tertarik untuk belajar online melalui aplikasi QuBisa? Ayo langsung saja download aplikasi QuBisa melalui link dibawah ini:

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.