Skip to main content

Mengenal Lebih Dalam Lagi Peta Pikiran

mind map

Bila Anda memiliki masalah dalam pengambilan keputusan, atau mencari solusi masalah, maka peta pikiran adalah alat yang tepat. Ini adalah satu alat yang sebenarnya akan bisa sangat membantu Anda dalam menentukan kebijakan dan keputusan supaya tidak salah. Selain itu juga ini bisa menjadi satu alat berpikir agar supaya tetap teratur dan tetap terfokus pada tujuan dan juga masalahnya.

Banyak orang yang kebingungan dalam berpikir, karena itulah dengan adanya peta pikiran ini sudah pasti akan sangat terbantu. Meski demikian tidak banyak lho orang yang tahu sebenarnya apa itu peta pikiran, kegunaannya, bahkan sampai ke cara buatnya. Dan berikut ini kami akan jelaskan mengenai peta pikiran, supaya Anda memahami lebih dalam lagi mengenai peta pikiran ini.

Apa Itu Peta Pikiran?

Banyak orang yang pernah mendengar peta pikiran, akan tetapi tidak tahu apa sebenarnya peta pikiran tersebut. Peta pikiran itu adalah sebuah alat untuk membantu Anda berpikir yang bisa memvisualisasikan berbagai informasi yang dibutuhkan secara jelas. Dan bentuknya biasanya diagram yang berisi pokok pikiran dan pembahasan dari pokok pikiran tersebut dalam bentuk poin.

Jadi biasanya bentuk dari peta pikiran itu adalah satu inti masalah ataupun ide pokok yang akan bercabang menjadi beberapa poin. Dan dari setiap poin itu pun akan bisa dijabarkan lagi dengan tujuan yang lebih kecil dan langkah yang lebih spesifik untuk dilakukan. Dengan begitu ini akan menjadi satu alat berpikir yang sangat membantu dalam mencari solusi dan membuat rencana.

Langkah Membuat Peta Pikiran

Dalam membuat sebuah peta pikiran pun tidak bisa sembarangan, karena ini adalah sebuah kerangka berpikir yang akan menentukan segalanya. Karena itulah dalam pembuatan peta pikiran ini harus ada langkah yang benar agar supaya peta pikiran ini bisa digunakan dengan baik. Dan berikut ini kami akan jelaskan dulu mengenai bagaimana sih langkah untuk membuat peta pikiran tersebut.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda menentukan dulu pokok pikiran ataupun masalah yang akan dijabarkan di peta pikiran. Dalam menentukan pokok pikiran ataupun masalah ini harus tetap dibuat sederhana dan simpel, akan tetapi bisa dijabarkan secara luas. Proses ini biasanya akan cukup lama ketika berhubungan dengan ide ataupun sebuah tujuan.
  2. Langkah yang kedua adalah Anda jabarkan pokok pikiran tersebut menjadi beberapa poin yang berhubungan dengan pokok pikiran. Bila masalah mungkin bisa menjabarkan menjadi masalah-masalah kecil yang jadi masalah tersebut, sehingga akan menjadi cabang masalah kecil. Kalau tujuan Anda bisa mulai membuat tujuan kecil untuk mencapai tujuan utama.
  3. Langkah yang ketiga adalah Anda jabarkan lagi masalah kecil tersebut dan mencari solusi untuk setiap masalah kecil. Bila ini adalah sebuah tujuan, maka Anda bisa mulai membuat langkah-langkah kecil yang spesifik untuk bisa mencapai tujuan utama nantinya. Jadi di tahap ini setiap cabang akan bercabang kembali dan akan terlihat langkah atau solusi terdekat.

Kegunaan Dari Peta Pikiran

Dari bentuk dan konsep dari peta pikiran tersebut, kita bisa tahu kalau ada beberapa manfaat dan juga kegunaan dari peta pikiran tersebut. Bahkan sebenarnya peta pikiran atau kerangka berpikir ini menjadi salah satu hal yang sangat penting sebelum melakukan berbagai hal. Dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kegunaan dari peta pikiran tersebut yang perlu Anda ketahui.

  1. Kegunaan yang paling pertama itu adalah untuk membantu orang membuat perencanaan, dengan peta pikiran tentunya perencanaan akan bisa lebih matang.
  2. Selain itu juga akan membuat langkah yang diambil meskipun kecil akan tetapi tetap bisa fokus pada tujuan.
  3. Kegunaan yang kedua adalah bisa dipakai juga untuk menemukan satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan peta pikiran ini Anda akan bisa melihat masalah dengan jauh lebih luas dan tentunya bisa melihat beberapa kemungkinan. Sehingga solusi yang diambil pun adalah solusi yang terbaik.
  4. Kegunaan yang terakhir adalah untuk mengembangkan sebuah ide menjadi lebih besar dan juga bisa eksekusi ide tersebut dengan lebih baik.
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.