Skip to main content

Rekomendasi Game Asah Otak Seru yang Wajib Kamu Coba

Daily Word Search Solitaire.org

Terkadang kita merasakan suntuk dengan pekerjaan yang kita kerjakan, apalagi jika berjam-jam bekerja di depan komputer. Untuk menghilangkan rasa suntuk tersebut, biasanya kita ingin memainkan game yang ringan. Game ringan yang bisa kita mainkan adalah kategori game klasik.

Bermain game klasik tidak pernah terasa membosankan. Meskipun saat ini banyak game baru dirilis yang mengusung grafis yang semakin realistis, tapi memainkan game klasik itu bisa membawa kita bernostalgia.

Dan ngomong-ngomong soal game klasik, tentu kita sudah tak asing lagi dengan game Solitaire. Ya, ternyata game kartu ini sudah dikenal sejak tahun 1700-an, dan versi digitalnya pertama kali dirilis pada tahun 1990 di sistem operasi Windows 3.0. Sejak saat itu game ini semakin digemari bahkan hingga tahun 2000-an.

Game Solitaire memiliki banyak versi berbeda termasuk yang paling populer adalah FreeCell Solitaire dan Spider Solitaire. Gameplay yang sederhana, hanya menyusun kartu berdasarkan angka, bentuk dan warnanya, membuat game ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa suntuk saat bekerja di depan komputer.

Main game Solitaire via Browser di Solitaire.org

Nah, mungkin kamu sedang browsing dan merasa bosan dengan konten yang kamu buka saat itu, kamu bisa mencoba bermain game Solitaire secara online di Solitaire.org.

Di Solitaire.org, terdapat banyak variasi game Solitaire yang bisa kamu mainkan. Diantaranya FreeCell Solitaire, Klondikle Solitaire, Pyramid Solitaire, dan masih banyak lagi versi lainnya.

Seperti contohnya game yang aku mainkan dibawah ini bernama FreeCell Solitaire. Seperti Solitaire klasik, gameplay dari game ini adalah mengurutkan kartu sesuai dengan jenisnya. Urutan kartu ini berdasarkan pada setelan dan peringkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A dengan kartu lain dengan jenis yang sama.

FreeCell Solitaire Solitaire.org

Di Solitaire.org kamu tidak perlu bingung saat pertama kali bermain. Karena pada tiap jenis permainan telah dijelaskan secara rinci mengenai gameplay dan cara bermain dari game yang akan kamu mainkan.

Rekomendasi Game Asah Otak yang Seru di Solitaire.org

Meskipun Solitaire.org menyajikan berbagai variasi game kartu Solitaire. Namun situs tersebut juga menyediakan berbagai pilihan jenis game online gratis lainnya yang cocok digunakan untuk mengasah otak, serta melatih konsentrasi dan fokus.

Game-game tersebut di kelompokkan menjadi beberapa kategori, diantaranya Logic Puzzle Games, Mahjong Games, Card Games, Hidden Object Games, Match 3 Games dan Free Online Games.

Berikut ini rekomendasi game asah otak seru yang wajib kamu coba di Solitaire.org:

1. Daily Word Search

Daily Word Search Solitaire.org

Daily Word Search menyajikan gameplay yang sederhana, dimana pemain harus mencari kata-kata dalam bahasa Inggris yang tersembunyi di dalam tabel yang berisi huruf acak.

Sebelum memulai bermain game Daily Word Search, kamu disuguhkan dengan pilihan jumlah petak, yang terdiri dari 12x12, 14x14 dan 16x16. Semakin banyak jumlah petak yang dipilih, tentu saja semakin banyak pula jumlah huruf yang di acak.

Nantinya, pemain akan diberikan beberapa kata yang harus dicari. Kata-kata tersebut bisa dicari dengan merangkai huruf secara vertikal, horizontal, diagonal ataupun secara terbalik.

2. Daily Sudoku

Daily Sudoku Solitaire.org

Sudoku adalah salah satu jenis permainan asah otak yang termasuk kedalam kategori puzzle yang cukup banyak digemari hingga saat ini.

Sudoku merupakan game teka-teki kombinasi angka berbasis logika. Dalam sudoku klasik, pemain diharuskan untuk mengisi kisi-kisi berukuran 9×9 dengan angka sehingga setiap kolom, setiap baris, dan masing-masing dari sembilan sub-kisi 3×3 yang menyusun kisi, atau ada juga yang menyebutnya kotak, balok, atau region berisi semua digit angka mulai dari 1 hingga 9.

Sama seperti game Sudoku pada umumnya, pada game Daily Sudoku juga tersedia beberapa kotak yang telah di isi. Kotak yang telah terisi kemudian menjadi patokan untuk menyelesaikan pengisian kotak lainnya.

Selain itu, Daily Sudoku juga menyajikan tingkat kesulitan yang bisa kamu pilih, diantaranya easy, medium, hard, hingga expert.

3. The Palace Hotel

The Palace Hotel Solitaire.org

Game The Palace Hotel mengharuskan pemain mencari beberapa benda yang tersembunyi di sekitar area berlatar hotel dalam waktu 5 menit saja.

Adapun tantangan di game ini yaitu jika pemain salah memilih benda yang tersembunyi, maka waktumu akan berkurang 5 detik. Tapi jika benar menemukan benda sesuai dengan instruksi, maka akan mendapatkan waktu 5 detik. Jadi pemain dituntut harus berhati-hati dan teliti terhadap benda yang dipilih.

Nah, itulah beberapa game asah otak yang seru untuk dimainkan di situs Solitaire.org. Masih ada banyak lagi berbagai game asah otak lainnya yang bisa kamu mainkan di Solitaire.org. Selamat bermain!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.