Mengenal 3 Fungsi Penting dan Perawatan Pada Karet Kulkas


karet kulkas

Bisa dibilang, kulkas menjadi salah satu kebutuhan primer di era sekarang. Kulkas yang merupakan ‘wadah’ penyimpan bahan pangan dan minuman dapat menjaga kualitas bahan makanan dan minuman agar selalu dalam keadaan baik. Jika diperhatikan secara seksama, tiap-tiap produk lemari pendingin memiliki karet kulkas pada bagian pintunya. Tapi apa sih kegunaannya?

Fungsi Penting Karet Pintu Kulkas

Berikut merupakan beberapa fungsi penting dari karet pintu kulkas yang perlu Anda ketahui.

1. Peredam Suara Keras

Salah satu kegunaan karet pada pintu kulkas adalah untuk meredam suara yang ditimbulkan ketika Anda menutup kulkas. Tidak hanya itu, karet juga berguna sebagai perekat antara pintu dan badan kulkas sehingga kulkas bakal tertutup secara rapat tanpa meninggalkan celah sedikitpun.

2. Menjaga Temperatur Dingin Kulkas

Karet pintu kulkas rupanya juga menjaga temperatur dingin dalam kulkas tetap stabil. Ketika pintu kulkas tertutup rapat, temperatur dingin dari dalam kulkas secara otomatis akan terjaga dan tidak terbuang ke luar. Apabila karet tidak melekat dengan baik, maka proses pendinginan bisa berlangsung lebih lama, sebab suhu di dalam lemari pendingin terbuang keluar.

3. Menjaga Kulkas dari Uap Air

Karet pintu kulkas akan menjaga udara yang ada di dalam kulkas agar tidak bertukar dengan udara luar. Sebagaimana diketahui, apabila udara dari dalam kulkas bertukar dengan udara luas, maka akan timbul uap air di dalamnya.

Cara Mudah Membersihkan dan Merawat Karet Pintu Kulkas 2 Pintu

Produk populer seperti kulkas 2 pintu milik Aqua Japan membutuhkan perawatan berkala agar fungsinya bisa tetap berjalan dengan baik. Pun dengan bagian karet pintunya yang perlu dibersihkan. Nah, di bawah ini merupakan rangkaian cara mudah membersihkan karet pintu kulkas 2 pintu.

1. Matikan Kulkas

Sebelum memulai prosedur pembersihan, pastikan Anda telah mematikan listrik yang terhubung ke kulkas. Mengingat selama proses membersihkan karet pintu, Anda harus membiarkan kulkas terus terbuka. Tindakan ini ditujukan agar mesin kulkas tidak bekerja terlalu keras dalam mendinginkan makanan dan minuman yang tersimpan di dalam kulkas.

2. Siapkan Bahan Pembersih

Bahan pembersih yang digunakan untuk membersihkan karet pintu kulkas yang kotor ialah campuran 1 sendok makan baking soda atau soda kue dan 1 liter air hangat. Atau bisa juga dengan mencampurkan air berikut sabun cuci piring sebagai alternatifnya.

3. Seka Karet Dengan Bahan Pembersih

Basahi sikat gigi atau kain microfiber dengan bahan pembersih dan seka/gosok secara lembut karet pintu kulkas yang kotor. Jika dilakukan dengan benar, aktivitas ini dapat menghilangkan jamur, residu, lumut, dan mengurangi bau dari dalam kulkas. Selain itu, pintu kulkas bisa lebih mudah tertutup rapat.

4. Periksa Karet Pintu Kulkas

Ketika membersihkan karet pintu kulkas, sebaiknya Anda memeriksa kembali bagaimana keadaan karet pintu kulkas. Mungkinkah ada lubang dan sobek atau tidak. Jika kondisinya terlalu buruk untuk dipertahankan, Anda dapat menggantinya dengan karet pintu yang baru sehingga kinerjanya tetap optimal.

Kapan Harus Ganti Karet Pintu Kulkas?

Secara garis besar, umur penggunaan karet pintu kulkas memang tidak dapat diprediksikan dalam hitungan tahun. Sebab penggunaan yang baik bakal menunjang penggunaan karet pintu yang lebih awet juga. Guna memastikan apakah karet pintu kulkas perlu diganti atau tidak, Anda dapat melakukan sejumlah trik sederhana ini.

Cobalah ambil selembar kertas dan jepit di antara badan dan pintu kulkas yang tertutup. Kemudian, tarik kertas tersebut. Jika Anda dapat menariknya dengan mudah, artinya Anda perlu mengganti karet pintu kulkas karena kondisinya sudah tidak terlalu rekat.

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa peran karet kulkas adalah sangat penting untuk menunjang optimal atau tidaknya kinerja kulkas secara keseluruhan. Untuk itu, penting bagi Anda menggunakan kulkas dengan hati-hati dan rutin melakukan perawatan dan pembersihan supaya karet kulkas senantiasa awet.

Post a Comment (0)